ODONTEKTOMI BOGOR

 

 

 

Odontektomi bogor – Odontektomi adalah istilah medis yang mungkin terdengar asing di telinga bagi masyarakat umum. Odontektomi diartikan operasi pencabutan gigi bungsu impaksi yang terletak di posisi geraham ketiga, yang biasanya muncul ketika berusia 17 dan 25 tahun. Jika anda pernah mengalami gigi bungsu ketika tumbuh terasa sakit ini salah satunya karena impaksi. untuk mengatasi impaksi adalah dengan odontektomi. Odontektomi dilakukan oleh dokter ahli bedah mulut dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut. Pada kasus sebagian orang gigi bungsu yang mengalami impaksi sering kali direkomendasikan untuk dicabut karena selain tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh secara alami juga gigi bungsu tidak berguna. Seseorang yang sudah mencabut gigi bungsu impaksinya akan mengurangi potensi masalah gigi dan mulut di kemudian hari sehingga aman tidak merasakan sakit lagi.

 

odontektomi bogor

odontektomi bogor

 

Odontektomi bpjs – Setelah pemeriksaan dan rontgen panoramic menunjukkan bahwa gigi bungsu mengalami impaksi maka dokter gigi akan merekomendasikan odontektomi. Poses operasi pencabutan gigi bungsu lebih mudah dilakukan sebelum memasuki usia 20 tahun daripada pasien yang berusia lanjut. Karena seiring bertambahnya usia, akar gigi tumbuh lebih panjang, melengkung, dan menginfeksi gigi lainnya, hingga lebih sulit dicabut.

 

Prosedur odontektomi

Odontektomi gigi impaksi – Prosedur odontektomi dilakukan setelah melewati pemeriksaan awal dan selanjutnya dokter sspesialis bedah mulut akan menentukan waktu kapan akan dilaksanakan operasi. Operasi dibutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam dengan menggunakan anestesi agar tidak merasakan sakit saat operasi.

Langkah-langkah operasi odontektomi dilakukan sebagai berikut:

  1. Sedasi

Ada 2 macam yaitu untuk anestesi lokal, pasien akan diberi gas nitrous oxide dengan dipasangi masker kecil pada hidung untuk menghirup obat penenang. Dan untuk anestesi total, pasien akan diberi infus intravena (IV) dengan menempatkan jarum di pembuluh darah di lengan agar tidak tersadar selama operasi.

  1. Mati rasa

Setelah melewati proses sedadi dokter spesialis bedah mulut mulai mematikan gigi bungsu dan jaringan di sekitarnya dengan anestesi lokal.

  1. Proses pengangkatan jaringan

jaringan gusi yang menutupi area diangkat, di mana gigi bungsu berada untuk mengakses gigi.

  1. Proses pengangkatan tulang

Gigi bungsu dapat tertutup seluruhnya atau sebagian dengan tulang maka digunakan handpiece berkecepatan tinggi untuk mengebor dan menghilangkan tulang yang menutupi gigi.

  1. Proses melonggarkan dan membelah gigi

Ketika gigi bungsu yang terkena impaksi sudah terlihat, peralatan bedah digunakan untuk melonggarkannya dengan lembut dari jaringan ikat di soket gigi. Jika perlu dokter melakukan pemotongan gigi menjadi beberapa bagian untuk memudahkan pencabutan.

  1. Proses pencabutan gigi

Gigi bungsu lepas atau telah dipotong seluruhnya, gigi siap untuk dicabut. Dokter akan menggunakan alat bedah yang khusus untuk mencabut gigi sepenuhnya.

  1. Proses Jahit

Jahitan dilakukan untuk menutup area pencabutan gigi. Setelah prosedur pencabutan gigi selesai, gas nitrous oxide atau infus intravena (IV) dihentikan dan pasien akan dikeluarkan dari sedasi secara perlahan. Pasien disarankan untuk menggigit kain kasa Untuk membantu pembekuan darah di area tersebut,.

Odontektomi biaya – Setelah operasi dan efek anastesi sudah hilang pasien akan merasakan sakit setelah operasi. Sebelum pulang pasien dibawa ke ruang pemulihan untuk dipantau. Beberapi hari setelah operasi, pasien tetap diminta datang lagi untuk melakukan pemeriksaan untuk melihat perkembangan gigi sampai dilepasnya jahitan.

Impaksi gigi merupakan kondisi dimana gigi terperangkap didalam gusi sehingga pertumbuhan gigi di permukaan gusi tidak utuh atau sempurna. Impaksi  kebanyakan terjadi pada gigi bungsu yang mulai tumbuh pada usia orang dewasa. Impaksi gigi yang mengganggu perlu ditangani seceptnya karena dapat menyebabkan sakit gigi terus menerus, gigi rusak, maupun penyakit gusi.

Ketika pertumbuhan gigi bungsu tidak mendapatkan ruang yang cukup untuk tumbuh dan keluar dari gusi, kondisi ini bisa menyebabkan gigi bungsu atau gigi geraham belakang tumbuh menyamping, mengarah atau menjauh dari gigi di sampingnya, sehingga terpendam dalam gusi, atau hanya tumbuh atau muncul sebagian. Inilah yang menjadi gigi anda merasakan nyeri atau merasakan keluhan lain.

 

Faktor terjadinya impaksi gigi di antaranya:

  • Bentuk rahang terlalu kecil sehingga tidak ada cukup ruang untuk gigi tumbuh
  • Ketika gigi berusaha tumbuh gigi menjadi bengkok/ miring
  • Gigi yg sudah ada tidak beraturan sehingga menghalangi pertumbuhan gigi bungsu
  • ketika gigi yang tumbuh vertikal/ miring lalu akan menekan gigi di sebelahnya, sehingga pertumbuhan gigi akan menjadi tidak beraturan, dampaknya akan mempengaruhi dalam proses mengunyah

 

odontektomi di bogor

odontektomi di bogor

 

Gejala Impaksi Gigi

Gigi yang terpendam atau hanya tumbuh sebagian dipermukaan gusi dapat menyebabkan sisa makanan bisa tersangkut. juga bakteri lebih mudah masuk dan menyebabkan rasa nyeri dan bengkak pada gusi. Letak gigi bungsu yang terpendam yang ada di belakang membuat sulit dijangkau ketika menyikat gigi. Jika tidak dibersihkan dengan benar maka sisa makanan yang terselip di area gigi tersebut dapat memicu perikoronitis, ini dapat menimbulkan gejala berupa gusi bengkak, nyeri, dan bau mulut.

 

Gejala impaksi lainnya meliputi:

  • Pada permukaan gusi pertumbuhan gigi hanya muncul sedikit
  • Rahang terasa nyeri
  • Membuat sakit kepala terus menerus
  • Sekitar gigi terpendam terasa gusi bengkak dan kemerahan
  • Susah membuka mulut karena gusi membengkak
  • Berdampak kelenjar getah bening di leher membengkak
  • Ketika menggigit akan merasakan gigi sakit, terutama di area yang mengalami impaksi gigi

 

Cara Mengatasi Impaksi Gigi

Untuk meredakan impaksi gigi anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Kompres dingin di area yang mengalami sakit/ nyeri
  • Kumurlah dengan air hangat yang ditambah garam
  • Aspirin dapat membantu menredakan nyeri

Meski cara tersebut tersebut dapat membantu meredakan rasa nyeri untuk sementara waktu, akan tetapi untuk disarankan memeriksakan diri ke dokter gigi. Nantinya dokter gigi akan memberikan perawatan sesuai dengan kondisi impaksi gigi. Jika impaksi gigi telah mengganggu aktifitas anda dan sebelum membawa dampak buruk bagi gigi lain nantinyaa, dokter biasa akan merekomendasikan pencabutan gigi atau operasi gigi bungsu. Pencabutan gigi impaksi cenderung lebih mudah pada pasien yang belum berusia 20 tahun ke atas, karena akar gigi belum berkembang sempurna sehingga lebih mudah diangkat.

 

Jika impaksi dibiarkan dapat menyebabkan berbagai komplikasi diantaranya:

  • Penyakit periodontitis
  • Terjadinya abses gigi atau gusi
  • Merasakan nyeri gigi ang luar biasa sakit
  • Terjadi maloklusi atau susunan gigi tidak beraturan
  • Berdampak timbul plak gigi
  • Bisa terjadinya kerusakan saraf di sekitar gigi

 

Walaupun impaksi gigi tidak adanya keluhan akan tetapi anda tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin setiap dua kali dalam setahun. Dengan tujuan selain memantau pertumbuhan gigi bungsu, juga diperlukan untuk memastikan kesehatan gigi dan mulut anda.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof