Obturator Jakarta Selatan – tidak semua orang memiliki kondisi gigi dan mulut yang sempurna dari lahir.

Dalam beberapa kasus, ada kelainan yan timbul karena faktor genetik yang seseorang bawa dari lahir contohnya adalah gigi sumbing.

Ada satu solusi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah yang satu ini. Apa itu? Simak penjelasan berikut. 

Obturator adalah

Di kalangan dokter gigi sendiri, istilah terbukanya jaringan mulut atau adanya lubang disebut sebagai defek.

Defek ini sebenarnya memiliki makna sebuah cacat yang bisa terjadi karena tindakan bedah, cacat bawaan, atau karena trauma.

Alat yang satu ini bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah berupa lubang atau terdapat bagian jaringan mulut yang terbuka.

Terbukanya jaringan mulut ini bisa terjadi karena pernah mengalami trauma berupa kecelakaan ataupun bawaan sejak lahir.

Alat yang bisa mengatasi masalah ini adalah obturator. Obturator biasanya terdiri atas surgical obturator, interim obturator, dan definitive obturator. 

Secara umum obturator nantinya berfungsi sebagai penutup luka atau defek agar bagian tersebut tidak kotor dan tetap bersih.

Dengan menggunakan obturator, maka proses penyembuhan pasien dapat berlangsung lebih cepat.

Jika pasien menggunakan obturator, pembentukan bagian palatal juga bisa lebih cepat. Selain itu, posisi bibir dan pipi juga bisa diperbaiki. 

Obturator jakarta selatan

Syarat pembuatan obturator

Dalam pembuatan obturator, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Hal ini sangat penting agar menjaga kualitas gigi tiruan. Yang perlu kita perhatikan antara lain : 

Retensi

Yang dimaksud dengan retensi adalah gigi tiruan memiliki daya tahan yang tinggi terhadap gaya.

Karena ketika penggunaannya bisa saja muncul gaya yang menyebabkan adanya pergerakan ke arah yang berbeda dari arah pemasangannya.

Retensi juga dapat kita artikan sebagai kemampuan gigi tiruan untuk melawan gaya gravitasi, sifat adhesi di makanan dan gaya yang dapat terjadi ketika membuka rahang. Hal ini perlu dipastikan agar gigi tiruan tetap dapat menempel pada posisinya. 

Stabilitas

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah sisi stabilitasnya. Stabilitas ini berarti kemampuan gigi tiruan untuk tetap stabil pada posisinya ketika digunakan.

Daya tahan dari protesa obturator sangat bergantung pada jumlah dan posisi gigi yang menjadi retensi.

Selain itu, ukuran dan bentuk cacat juga dapat mempengaruhi stabilitas obturator ini.

Support

Yang dimaksud support adalah kemampuan jaringan mulut untuk menahan protesa tetap berada di posisinya.

Adanya support dari bagian tersebut akan berperan untuk menahan protesa ketika terjadi gerakan vertikal maupun gerakan yang lain. 

Teknik Pembuatan Obturator

Dalam membuat obturator ada banyak teknik yang bisa digunakan. Beberapa teknik ini antara lain : 

Obturator Konvensional

Teknik yang pertama adalah teknik konvensional.

Pembuatan obturator menggunakan teknik konvensional adalah teknik yang paling sering digunakan.

Dengan cara ini pembuatan obturator dapat dilakukan dengan mudah.

Selain itu, pembuatan obturator memiliki harga yang terjangkau.

Sayangnya teknik ini tidak terlalu direkomendasikan jika kasus anda sudah tergolong parah.

Karena pembuatan obturator konvensional jika terlalu besar justru akan menyulitkan proses pemasangan dan pelepasan obturator. 

Moveable Obturator

Nah pembuatan obturator yang kedua yang dapat dijadikan pilihan adalah moveable obturator. Moveable obturator ini adalah obturator yang dibuat terpisah dengan gigi tiruannya. Jika menggunakan obturator ini akan membuat penderita lebih mudah ketika melakukan lepas pasang. 

Obturator dengan perlekatan magnet

Nah ada juga pembuatan obturator yang menggunakan perlekatan magnet. Pembuatan obturator dengan teknik perlekatan magnet ini hanya bisa dilakukan oleh seorang ahli. Karena untuk membuat obturator ini membutuhkan pelatihan khusus. Hal ini untuk membuat obturator memberikan hasil yang maksimal. 

baca juga : Obturator Depok

Baca Juga :  Siapa Saja yang Membutuhkan Implan dan Bagaimana Ia Bekerja?

Obturator Jakarta Selatan

Untuk membantu dalam mengatasi masalah gigi dan mulut anda, anda bisa berkunjung ke klinik kami. Apabila anda datang ke global estetik dental care, masalah gigi dan mulut anda dapat segera teratasi. 

Masalah gigi dan mulut seperti gigi berlubang, karang gigi dapat segera teratasi. Anda juga dapat melakukan perawatan gigi seperti pemasangan implan, pembuatan dan pemasangan veneer gigi, atau membersihkan karang gigi di gigi anda. 

Untuk menyelesaikan masalah gigi anda, segera ke klinik kami dan lakukan reservasi dengan menghubungi nomor whatsapp 0811-140-832. 

Anda bisa datang langsung ke Global estetik dental care yang beralamat di jalan Arteri Permata Hijau, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, lebih tepatnya berada di Mall Grand ITC Permata Hijau Lantai 1 Blok D9/B