Obturator Bandung – Pada beberapa kondisi di gigi dan mulut, ada masalah berupa timbulnya lubang pada bagian gigi tertentu.

Kondisi seperti ini juga memerlukan yang namanya pengobatan karena dapat menyebabkan masalah seperti produksi saliva yang tidak maksimal.

Untuk mengatasi masalah ini anda dapat menggunakan metode yang bernama pemasangan obturator.

Nah agar anda tahu apa sebenarnya obturator itu, berikut sedikit pembahasannya.

Fungsi Obturator

Obturator adalah alat di dunia kedokteran yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah di bagian gigi dan mulut.

Peralatan ini dapat anda gunakan untuk mengatasi atau menutup lubang di langit – langit mulut dan juga dapat mengganti bagian gigi yang sudah hilang.

Untuk yang mengidap masalah ini biasanya orang dengan kondisi gigi sumbing. Sehingga nantinya pasien akan diberikan peralatan khusus untuk digunakan. 

Secara umum, obturator dapat anda gunakan untuk menutup celah pada bagian mulut.

Dengan menggunakan obturator, kondisi gigi dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Kondisi langit – langit yang berlubang dapat mempengaruhi produksi saliva ketika makan. Dengan memasang obturator, produksi saliva dapat tetap berjalan normal. 

Obturator Bandung

Pembuatan Obturator

Salah satu teknik yang digunakan untuk membuat obturator adalah dengan menggunakan teknik gula.

Untuk langkah atau tahapan yang diambil di teknik ini tidak berbeda jauh dengan teknik lainnya.

Adapun langkah yang perlu diambil dalam membuat obturator menggunakan teknik gula ini yaitu : 

Pencetakan model kerja

Tahap pertama yaitu pencetakan model kerja. Di tahap ini pencetakan model menggunakan bahan alginat dengan cetakan bebahan gips.

Agar memperoleh hasil yang maksimal, maka cetakan perlu kita ketuk agar tidak ada gelembung udara yang terjebak. 

Proses Block out

Tahapan kedua adalah proses block out. Dalam proses ini daerah undercut di model kerja akan dikurangi sehingga protesa dapat bergerak keluar masuk dengan leluasa.

Area yang tidak menguntungkan nantinya akan di block out menggunakan gips. Gips ini perlu diaduk merata, rapi, dan halus. Sehingga hasil yang diberikan maksimal. 

Pembuatan model malam

Sebelum melakukan pembuatan model malam, harus kita pastikan terlebih dahulu jika cengkeram sudah kita buat.

Cengkeram akan berperan sebagai komponen yang memiliki hubungan dengan protesa gigi tiruan dan obturator. Biasanya cengkeram ini terbuat dari kawat atau logam tuang. 

Nah untuk pembuatan model malam, bagian model kerja perlu kita basahi terlebih dahulu dengan wax agar tidak saling menempel.

Pada model kerja perlu kita berikan batas basis. Setelah itu kita lunakkan sebanyak dua lembar base plate wax sebagai basis menggunakan api spiritus.

Pastikan base plate wax tidak sampai meleleh.

Apabila wax sudah lunak maka bisa kita aplikasikan pada model kerja dengan tidak melebihi batas yang telah dibuat sebelumnya. Apabila pada pola malam masih terdapat bagian yang kurang merata maka bisa anda tambahkan atau kurangi. 

Penutupan celah dan penyusunan gigi

Setelah model kerja siap, maka nantinya akan dilakukan penanaman model kerja pada alat ucap dan dilakukan penyusunan gigi.

Apabila penyusunan gigi sudah selesai, maka dokter akan melakukan pengecekan terhadap gigi apakah sudah memenuhi syarat inklinasi mesio distal dan aspek lainnya.

Posisi cengkram juga perlu dipastikan pada posisi yang benar.

Bagian malam yang membentuk guratan nantinya akan dokter hilangkan dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan spiritus.

Flashking

Tahapan selanjutnya adalah melakukan flasking atau memoles model kerja. Bagian dalam nantinya akan dioles menggunakan vaseline tipis agar mudah dikeluarkan nantinya.

Bagian permukaan dibuat landai dan jika masih terdapat sisa gips maka akan dibersihkan. Permukaan gips nantinya dioleskan dengan vaseline selain bagian plat malam, elemen gigi akrilik, dan bagian cengkram. 

Model kerja nantinya akan dituang gips sambil diketuk perlahan agar gips dapat merata. Setelahnya gips yang berlebih akan dikeluarkan dengan cara di pres.  

Boiling out

Tahap boiling out digunakan untuk mematangkan gips atau model kerja yang nantinya anda gunakan.

Model kerja atau cuvet nantinya akan dipasang pada behel, dan dimasukkan ke panci yang sudah berisi air mendidih selama kurang lebih 5 menit.

Cuvet nantinya bisa diangkat jika prosesnya sudah selesai.

Sisa wax yang ada akan disiram menggunakan air panas agar hilang. Serpihan gips juga dibersihkan dan permukaanya akan dirapikan kembali.  

Packing

Pada tahap pecking nantinya akan dilakukan pengolesan CMS pada bagian gips selain bagian elemen gigi dan cengkram.

Setelah pengolesan CMS ini, cuvet akan kembali dipasang pada behel untuk dimatangkan kembali menggunakan air mendidih.

Finishing

Untuk proses finishing ini dilakukan dengan mengurangi sisa – sisa gips ataupun merapikan kembali bagian yang masih tajam.

Protesa atau model yang sudah jadi nantinya perky diamplas menggunakan amplas kasar dan amplas halus.

Setelah selesai protesa juga akan dipoles menggunakan media lainnya. Jika sudah selesai maka protesa akan dicuci bersih.

Setelah itu protesa siap untuk diserahkan ke dokter gigi agar melalui tahapan insersi.

Obturator Bandung

Demi mengatasi masalah gigi anda, ada banyak cara yang dapat lakukan. 

Memperbaiki kondisi gigi dan mulut bukan hanya untuk meningkatkan kesehatan anda, namun bisa juga anda gunakan untuk meningkatkan penampilan anda. 

Cara ini anda juga bisa tampil lebih percaya diri ketika bertemu dengan orang lain. 

Contoh perawatan gigi yang dapat digunakan untuk mengurangi keluhan gigi anda adalah dengan memasang clear aligner untuk gigi anda.

Lokasi yang sangat recomended untuk anda yang akan melakukan pemasangan clear aligner di daerah bandung yaitu di global estetik dental care Bandung.

Tersedia peralatan yang lengkap dan memberikan kualitas terbaik demi kepuasan pasien yang ada.

Klinik ini menyediakan layanan kesehatan gigi untuk membantu anda merawat dan memperbaiki kesehatan gigi dan mulut anda.

Layanan yang global estetik sediakan seperti operasi gummy smile, pemasangan veneer gigi, dan lainnya. 

Jadi tak perlu bingung lagi, Segera datang dan nikmati pelayanan yang  global estetik dental care berikan. Anda dapat melakukan reservasi dahulu dengan mengirim pesan ke nomor whatsapp di 0811-14-0832.

Anda bisa menemukan kami di alamat Jl. Peta No. 241, Sukaasih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat (Persis di depan Lotte Mart) lebih tepatnya di Mall Festival Citylink Lantai LG (Lower Ground) No. 5.

Baca Juga :  Tips Menjaga Kesehatan Gigi bagi Manula - Part 2