Night Guard Depok

Night guard depok

Night guard depok

Yuk Simak!

globalestetik.comGigi yang sehat dan bersih juga memerlukan perlindungan. Perlindungan pada gigi berguna untuk.melindungi gesekan antar gigi, cidera, atau kerusakan pada gigi yang disebabkan oleh berbagai faktor lainnya. Perlindungan pada gigi seringkali diabaikan oleh hampir semua orang. Padahal dengan melaksanakan perindungan gigi berarti seseorang telah melakukan investasi guna menjaga keawetan dan keutuhan gigi hingga tua.Untuk melindungi gigi, seseorang dapat memanfaat penggunnaan Night Guard.

Apa itu night Guard?

Night guard depok – Night Guard adalah alat pelindung yang dapat digunakan untuk melindungi gigi dan gusi dari berbagai cidera dan kerusakan. Penggunaan night Guard umumnya akan menyesuaikan dengan bentuk gigi, namun apabila tidak sesuai seseorang dapat memotongnya agar sesuai bentuk gigi menggunakan pisau atau gunting. Night Guard kebanyakan digunakan oleh orang yang mempunyai kebiasaan bruxism. 

Apa itu bruxsim?

Night guard depok – Bruxism merupakan sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang berbahaya bagi kesehatan gigi dan gusi bahkan bisa berakibat fatal jika dilakukan secara terus-menerus. Salah satu wujud night guard adalah menggesek-gesekan permukaan gigi atas dengan bawah hingga menghasilkan bunyi yang khas. Kebiasaan tersebut umumnya sulit untuk diatasi, lantaran bisa dilakukan dalam kondisi alam sadar dan kondisi tidak sadar seperti saat tidur. 

Kebanyakan bruxism tidak terjadi dengan waktu yang bertempo. Bisanya bruxsim terjadi saat seseorang mengalami tertekan, banyak fikiran dan masih banyak lagi. Namun hal tersebut belum diketahui secara pasti apakah hal tersebut benar-benar penyebab bruxism. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang diyakini sebagai pemicu timbulnya bruxsim. Berikut faktor-faktor tersebut:

  • Cemas, marah,stress, frustasi, banyak pikiran, nervous, tegang, gugup, gelisah, dan banyak masalah.
  • Tipe orang agresif, hiperaktif hingga kompetitif.
  • Ketindihan
  • Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol, hingga narkotika.
  • Penderita penyakit kronis seperti asam lambung.

Gejala atau tanda-tanda bruxsim

Night guard depok – Sama dengan gangguan dan kebiasan buruk lainnya, bruxsim juga mempunyai tanda-tanda yang disadari atau tidak disadari oleh penderita. Berikut gejala tersebut:

  • Permukaan gigi tidak rata semacam ada yang panjang dan ada yang pendek.
  • Gigi sangat sensitif
  • Telinga sakit
  • Kepala sakit
  • Otot pada rahang  kerap tegang

Bruxsim bisa terjadi siang ataupun malam. Keduanya sebenarnya cukup menganggu terlebih bagi seseorang yang sudah mempunyai pasangan, hal ini lantaran seorang yang mempunyai kebiasaan bruxsim akan menimbulkan suara gertakan gigi yang nyaring dan khas.

Diagnosis Burixm

Night guard depok – Untuk mengetahui seseorang mengalami bruxsim atau tidak penting bagus seseorang untuk melakukan konsultasi. Hal ini lantaran tidak semua pengikisan pada gigi disebakan oleh bruxsim. Namun bruxsim sudah pasti menyebabkan pengikisan pada gigi. Saat berkonsultasi bisanya seorang dokter akan bertanya seputar kebiasan saat tidur hingga aktivitas yang dijalani oleh seseorang.

Setelah mengetahui seputar kebiasaan dan keseharian, selanjutnya dokter akan memeriksa kondisi gigi yang dilihat berdasarkan kerusakan dan juga pengikisan yang terjadi. Bukan hanya memeriksa kondisi permukaan gigi, dokter juga akan memeriksa rahang. Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih jelas, tak jarang dokter menggunakan  foto panoramik. Dari hasil pemeriksaan, baru seseorang dapat dinyatakan penderita bruxsim atau bukan. 

Bruxsim jika dilakukan juga dapat mengakibatkan gigi terkikis dan memperburuk kondisi gigi. Nah untuk mencegah berbagai dampak tersebut seseorang dapat menggunakan night guard. Saat ini banyak sekali night guard yang dibuat dengan berbagai ukuran, warna dan bentuk yang dapat dipilih seseorang untuk melindungi gigi. Pemilihan night guard tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan gigi agar nyaman saat digunakan.

Pembelian night guard

Night guard depok – Sebelum membeli night guard, penting bagi seseorang untuk melakukan berbagai tahapan berikut ini:

  • Konsultasi dengan dokter terdekat. Sebelum memilih night guard penting bagi seseorang untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Konsultasi berguna untuk mengetahui berbagai keluahan yang dirasakan dengan seseorang. Dengan begitu dokter dapat melakukan penanganan yang tepat guna mengatasi berbagai keluhan tersebut. Berkonsultasi dengan dokter juga mampu membuat seseorang dapat memutuskan penggunnaan night guard yang nyaman dan tepat saat digunakan.
  • Pengecekan kondisi gigi. Berkonsultasi dengan dokter juga memudahkan bagi seseorang yang ingin mengetahui kondisi gigi sebelum menggunakan night guard. Pada proses konsultasi selanjutnya yaitu dengan melakukan pengecekan berkala dengan prosedur yang sesuai dengan tatanan dunia medis. Prosedur yang biasanya digunakan yaitu prosedur merontgen gigi dengan menggunakan panoramic atau CT Scan. Pengecekan ini membuat seseorang dapat mengetahuinya permasalahan yang dialami sehingga penanganan bisa dilakukan dengan tepat.

Cara merawat  night guard

Night guard depok Untuk mendapatkan hasil maksimal pada penggunaan night guard, penting bagi seseorang untuk melakukan perawatan. Selain mendapatkan hasil maksimal perawatan night guard juga berfungsi agar night guard bisa bertahan dengan jangka waktu yang lama. Gimana sih cara merawat night guard? Berikut cara yang dapat dilakukan seseorang untuk merawat night guard:

  • Bilas saat sudah selesai menggunakan. Bagi seseorang yang menggunakan night guard saat tidur penting sekali untuk membilas night guard setelah night guard dilepaskan dari dalam mulut. Pembilasan ini bertujuan agar night guard terhindari dari plak dan bakteri yang menempel pada night guard dapat hilang dan mati. Pembilasan night guard setelah dipakai juga membuat warna night guard tidak berubah.
  • Gosok night guard. Bukan hanya membilas, hal yang perlu dilakukan bagi seseorang pengguna night guard yaitu menggosok permukaan night guard. Menggosok night guard merguna untuk membersihkan berbagai plak yang menempel pada permukaan night guard yang tidak dapat hilang jika hanya dibilas. Menggosok night guard tidak perlu menggunakan pasta gigi, jika menggunakan pasta gigi tidak menuntut kemungkinan akan menyebabkan night guard cepat tipis. Disarankan untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu halus agar night guard tidak tergores dan menipis.
  • Menempatkan di tempat kering. Setelah membilas dan menggosok night guard, pastikan untuk meletakan night guard di tempat yang kering. Sebelum itu, pastikan night guard dalam kondisi yang kering sehingga tidak dijadikan sebagai tempat tumbuhnya kuman dan bakteri. Night guard membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk kering.

Penggunaan night guard untuk mengatasi kebiasaan bruxsim juga perlu diimbangi dengan cara berikut ini:

  • Menghindari mengonsumsi rokok, minuman beralkohol dan narkotika.
  • Menghilangkan kebiasaan mengonsumsi minuman dengan kafein tinggi seperti kopi terlebih saat hendak tidur.
  • Menghilangkan kebiasaan mengigit pensil,pulpen, dan gigi.
  • Melakukan konsultasi dan pemeriksaan gigi secara teratur.

Nah itulah deskripsi penggunnaan night guard. Night guard merupakan alat yang berguna untuk melindungi gigi dari kerusakan dan pengikisan yang terjadi akibat dari kebiasan bruxsim. Kebiasan bruxsim selain menyebabkan pengikisan gigi, juga dapat menyebabkan permukaan gigi tidak rata dan juga memperparah kondisi gigi.

Untuk menggunakan night guard seseorang juga perlu melakukan perawatan agar hasil yang diberikan lebih maksimal. Perawatan bisa dilakukan sesudah pemakaian dengan mengikuti berbagai prosedur yang telah dijelaskan diatas. Dengan begitu night guard bisa bertahan dengan jangka waktu yang lama hingga kebiasan bruxsim dapat hilang dari dalam diri seseorang.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( *Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa..* )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof