Night Guard Bogor

 Seberapa Efektif Mouth Guard untuk Atasi Bruxism pada Anak?

Night Guard Bogor – Kegiatan Menggeretakkan gigi juga dikenal sebagai bruxism, adalah kondisi dimana gigi anak yang cukup umum. Diperkirakan hingga 35 persen anak-anak akan mengalami bruxism pada suatu saat di masa kanak-kanak. Meski tidak enak didengar orangtua saat tidur, anak-anak seringkali tidak sadar bahwa mereka mengatupkan rahang dan menggeretakkan gigi di malam hari. Jika kondisi ini terus berlanjut dan memburuk selama periode waktu tertentu, sebaiknya anak segera dibawa ke dokter gigi terdekat agar bisa ditangani.

Night Guard Bogor – Dan apabila kebiasaan ini tidak segera dihentikan, maka ini bisa menyebabkan anak alami sakit pada leher, wajah, telinga maupun bahkan  kepala. Mungkin juga anak akan mengalami kesulitan saat membuka atau menutup rahang. Cara Untuk mengatasi bruxism, diperlukan pemeriksaan gigi dan mulut secara menyeluruh. Dokter gigi mungkin akan merekomendasikan untuk melindungi gigi anak dengan menggunakan alat seperti mouth guard pada anak.

 Mouth Guard untuk Atasi Bruxism

Night Guard Bogor – Apa itu Mouth guard? yaitu alat pelindung gigi yang digunakan sebagai penghalang untuk mengurangi tekanan antara gigi rahang atas dan rahang bawah yang beradu. Alat ini sebetulnya tak hanya dipakai untuk atasi bruxism, tetapi juga bisa digunakan untuk atasi sleep apnea, atau untuk pelindung mulut saat olahraga. Alat ini juga dapat memperkecil suara yang timbul akibat gigi-gigi yang saling bergesekan, serta melindungi gusi, bibir, serta lidah dari trauma karena sering melakukanya.

Cara untuk Mengenakan pelindung mulut saat tidur dapat membantu menjaga agar gigi atas dan bawah tetap terpisah sehingga tidak saling bergesekan. Dalam penggunaannya, mouth guard harus di bawah pengawasan dokter gigi anak supaya keefektifannya bisa terus terpantau. Apalagi mouth guard bisa saja bikin anak tidak nyaman, sehingga mungkin dokter bisa memilihkan pelindung gigi yang paling sesuai untuk si anak agar tidak terjadi komplikasi pada gigi anak.

ada tiga jenis mouth guard, yaitu:

  • Yang pertama Pelindung Mulut yang Telah Dibentuk Sebelumnya dan Siap Pakai. Alat ini tidak mahal dan dapat dibeli di sebagian besar toko perlengkapan olahraga atau toko kesehatan. Namun, ia sulit menyesuaikan ukuran mulut anak karena biasanya mereka besar dan membuat sulit bernapas dan berbicara. Pelindung mulut jenis ini juga memberikan sedikit atau bahkan tidak ada perlindungan. Dokter gigi tidak merekomendasikan penggunaannya jika kondisi pasien tidak memungkinkan.
  • Yang kedua adalah Boil and Bite Mouth Protectors. Pelindung mulut jenis ini juga bisa ditemukan di toko dan lebih cocok untuk digunakan anak. Pelindung mulut “boil and bite” terbuat dari bahan termoplastik. Ia akan ditempatkan di air panas untuk melembutkan, kemudian ditempatkan di mulut dan dibentuk di sekitar gigi dengan menggunakan tekanan jari dan lidah agar bisa berada ditempat yang sesuai.
  • Yang ketiga Pelindung Mulut Khusus yang Dibuat Dokter Gigi. Anak juga bisa mendapatkan mouth guard yang sudah disesuaikan dengan bentuk mulut mereka di dokter gigi. Pertama, dokter gigi akan membuat cetakan gigi dan pelindung mulut, kemudian dibentuk di atas model dengan menggunakan bahan khusus. Oleh karena penggunaan bahan khusus dan karena waktu dan pekerjaan ekstra yang terlibat, pelindung mulut yang dibuat khusus ini lebih mahal daripada jenis lainnya, tetapi memberikan kenyamanan dan perlindungan paling baik untuk si pasien dan juga hasil yang maksimal.

Dan apabila kamu merasa anak sudah butuh mouth guard, coba tanyakan pada dokter gigi terdekat terlebih dahulu untuk mengetahui semua informasi mengenai mouth guard. Dokter tersebut akan siaga memberikan saran yang tepat sebelum kamu memutuskan menggunakan mouth guard untuk anak yang alami bruxism pada giginya.

Cara Merawat Mouth Guard

Berikut ada beberapa cara untuk merawat mouth guard Setelah menemukan mouth guard yang cocok, maka penting untuk melindungi pelindung mulut ini dari kerusakan dan menjaganya tetap bersih. dikarenakan, pelindung mulut ini juga akan menghabiskan banyak waktu di mulut. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pelindung mulut, anda bisa ikuti beberapa cara dibawah ini:

  • Yang pertama Sikat dan bersihkan gigi sebelum memasang pelindung mulut di bagian gigi anda.
  • Selanjutnya Bilas pelindung mulut dengan air dingin atau obat kumur sebelum memasukkannya ke dalam dan setelah mengeluarkannya. Dan juga sebisa mungkin Hindari penggunaan air panas, yang dapat membuat bentuknya melengkung dan akan rusak.
  • Yang ketiga Gunakan sikat gigi dan pasta gigi untuk membersihkannya apabila setelah digunakan sebelumnya.
  • Selanjutnya Periksa lubang atau tanda kerusakan lainnya secara teratur, jika ada lubang, maka ia perlu diganti setelahnya.
  • Yang kelima Bawa pelindung mulut ke dokter gigi yang kamu temui. Agar Mereka dapat memastikannya masih pas dan berfungsi pada pasien.
  • Selanjutnya Simpan pelindung mulut dalam wadah keras dengan ventilasi untuk melindunginya dan biarkan mengering di antara penggunaan nya.
  • Yang ketujuh Jauhkan pelindung mulut dari jangkauan seperti hewan peliharaan, meskipun sudah ditempatkan di dalam sebuah wadah.
  • Yang terakhir Ingatlah bahwa untuk pelindung mulut tidak bertahan selamanya. Ganti pelindung mulut segera setelah kamu mulai melihat adanya lubang atau tanda-tanda kerusakan, atau setiap dua hingga tiga tahun setelahnya.
night guard bogor

night guard bogor

Hentikan kebiasaan menggesekkan gigi saat tidur dengan Dental Night Guard

Tanpa anda sadari, beberapa orang yang sering menggertakkan giginya saat tidur. Kebiasaan ini secara medis dikenal sebagai bruxism. Bahkan bruxism juga bisa terjadi ketika Anda bangun. Jika dibiarkan terus menerus, kebiasaan menggiling gigi bisa serius mempengaruhi kesehatan gigi sehingga membutuhkan perawatan khusus. Tidak jarang, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan sakit kepala. terus bagaimana cara untuk menghilangkan kebiasaan menggiling gigi? Berikut ada beberapa penjelasannya.

Apa itu bruxism?

Yaitu Bruxisme adalah aktivitas abnormal di yang berada di rongga mulut, misalnya mengepalkan (mengepalkan gigi di rahang atas dan bawah dengan tekanan berlebihan), menggesekan gigi ke kanan dan ke kiri antara rahang atas dan bawah atau menggiling gigi yang dapat terjadi ketika seseorang sedang tidur (sleep bruxism) atau ketika seseorang dalam keadaan sadar (awake bruxism) seperti itulah sebutannya.

Dan ternyata Dalam banyak kasus sebelumnya, bruxism terjadi pada malam hari saat seseorang sedang tidur. Sedangkan dalam beberapa kasus lain, bruxism juga dapat terjadi secara spontan ketika seseorang cemas atau ketika mengalami stres yang berlebihan pada dirinya.

Dan apabila Anda masih mengalami kejadian bruxisme pada tahap awal dan bukan kebiasaan yang terus dilakukan, ini tidak memerlukan perawatan khusus. Tetapi, jika bruxism telah menjadi kebiasaan, itu memungkinkan dampak yang lebih besar, seperti kerusakan gigi, sakit kepala, kelainan rahang, dan masalah lainnya yang bisa pasien alami.

Sampai saat ini, dunia medis belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan terjadinya bruxism. Tetapi, orang yang sering menggerakkan gigi cenderung mengalami gangguan tidur seperti mendengkur atau juga masalah pernapasan saat tidur (sleep apnea). Juga, beberapa faktor fisik dan psikologis dapat memicu terjadinya bruxism, termasuk kecemasan, stres, ketegangan, komposisi gigi yang tidak rata, dan gaya hidup yang tidak sehat itulah penyebab terjadinya.

harga night guard bogor

harga night guard bogor

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

Kota Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg.Arnof