Nafas Menjadi Lebih Bau Saat Usia Lebih Tua, Mitos Atau Fakta?

Global Estetik – Mungkin Anda merasa bahwa semakin tua usia, maka nafas pun aja terasa bau. Setiap orang mengalami bau mulut dari waktu ke waktu, tetapi baunya secara teknis disebut halitosis. Bau tersebut akan bisa sangat kuat pada orang-orang di atas usia tertentu. Kini timbul pernyataan di benak Anda, Apakah bau mulut merupakan efek samping yang tak terhindarkan jika hidup lebih lama? Belum tentu.

Nafas Menjadi Lebih Bau Saat Usia Lebih Tua- Global Estetik Dental Care
Nafas Menjadi Lebih Bau Saat Usia Lebih Tua- Global Estetik Dental Care

Seorang juru bicara American Dental Association, Judith A. Jones, DDS, MPH yang merupakan profesor di Universitas Detroit Mercy School of Dentistry mengatakan bahwa hal tersebut belum tentu. Bau mulut, tidak secara langsung disebabkan oleh penuaan. Kebersihan mulut mungkin lebih akan menjadi masalah pada orang tua karena penyakit yang diderita secara bersamaan. Dengan kata lain, seiring bertambahnya usia, kita lebih mungkin untuk menghadapi masalah kesehatan lainnya yang pada akhirnya menyebabkan bau mulut.

Sebagai permulaan, kita menjadi kurang gesit daripada sewaktu muda. Hal-hal seperti radang sendi, yang jauh lebih umum pada orang berusia di atas 65 tahun, memengaruhi kemampuan orang untuk menyikat gigi. Plak pada gigi dan bakteri dapat menumpuk, menyebabkan bau mulut dan masalah kesehatan mulut lainnya. Dr Jones juga menyampaikan, penyakit yang memengaruhi otak, seperti Alzheimer atau Parkinson, dapat menyebabkan masalah koordinasi yang juga membuat menyikat gigi menjadi sulit. Sebagian orang dewasa yang lebih tua lebih mengandalkan pengasuh, sehingga kebersihan mulut dapat terlewatkan.

Semakin tua juga membuat kita lebih cenderung memiliki mulut kering, yang dapat berkontribusi pada bau mulut. Produksi air liur yang menurun memungkinkan partikel sisa makanan dan bakteri berlama-lama di sekitar gigi dan gusi, sehingga menghasilkan bau yang nyata. Mulut kering bisa disebabkan oleh dehidrasi dan rasa haus cenderung berkurang seiring waktu.

Nafas Menjadi Lebih Bau Saat Usia Lebih Tua- Global Estetik Dental Care
Nafas Menjadi Lebih Bau Saat Usia Lebih Tua- Global Estetik Dental Care

Tapi mulut kering juga bisa terbentuk dari hasil mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Seiring bertambahnya usia dan mengembangkan masalah kesehatan lainnya, meminum obat tertentu justru dapat mengeringkan mulut. Belum lagi jika Anda memakai gigi palsu atau peralatan gigi lainnya, sehingga mungkin perlu dibersihkan lebih keras atau lebih teratur. Ketika mereka tidak cukup digosok, mereka dapat mengumpulkan makanan dan plak yang menyebabkan bau nafas.

Meskipun menangani masalah ini tidak selalu sederhana, terutama jika kondisi kronis seperti Alzheimer atau Arthritis. Ada langkah mudah yang dapat Anda ambil pada usia berapa pun untuk meningkatkan kebersihan mulut. Standar emasnya adalah dengan menyikat gigi selama dua menit, dua kali sehari, dan membersihkan di antara gigi dengan hati-hati sekali sehari. Jika Anda memiliki orang tua yang sudah menua dan tidak dapat melakukan kebiasaan sehat ini sendirian, cari seseorang yang dapat membantu mereka menjagaa kesehatan, khususnya gigi dan bawa mereka untuk pemeriksaan rutin ke klinik dokter gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat