Global Estetik – Selama kehamilan, influx-nya hormon bertanggung jawab atas sejumlah perubahan. Hal ini juga bisa menimbulkan gejala yang tidak diinginkan, terutama pada trimester pertama.

Sementara mual dan kelelahan merupakan salah satu gejala kehamilan yang paling umum, beberapa wanita juga mengalami perubahan pada indra perasa. Ini paling sering digambarkan sebagai rasa “metalik”. Jika anda merasa memiliki koin tua di mulut, perubahan sensorik dari kehamilan mungkin bisa disalahkan.

Muncul Rasa Logam di Mulut Selama Kehamilan- Global Estetik Dental Care

Muncul Rasa Logam di Mulut Selama Kehamilan- Global Estetik Dental Care

Saat hamil, kadar estrogen dan progesteron meningkat untuk membantu tubuh mempertahankan pertumbuhan bayi. Sementara hormon tentu saja diperlukan, mereka juga berkontribusi terhadap perubahan simtomatik dalam tubuh. Hal ini terutama terjadi pada trimester pertama saat tubuh si ibu menyesuaikan diri dengan kehamilan.

Bagi beberapa wanita, kehamilan membawa perubahan pada selera makan dan preferensi makanan. Ibu mungkin memiliki keinginan kuat akan cokelat, acar, atau keripik yang tidak dimiliki sebelumnya. Atau mungkin beberapa makanan yang biasa disukai terasa tidak enak selama kehamilan. Dalam kasus terburuk, beberapa makanan bisa menimbulkan perasaan morning sickness.

Perubahan sensori dari kehamilan juga bisa meninggalkan selera yang tidak biasa di mulut. Yang paling umum adalah rasa metalik atau logam yang terkenal.

Penyebab Dibalik Munculnya Rasa Metalik di Mulut ?

Morning sickness adalah masalah yang umum terjadi pada trimester pertama. Ibu mungkin juga mengalami perubahan sensorik lainnya selama ini, termasuk pada indra pembau dan perasa. Perubahan hormonal diduga menyebabkan kondisi yang disebut dysgeusia pada beberapa wanita hamil. Dysgeusia mengacu pada perubahan rasa. Secara khusus, hal itu bisa menyebabkan selera mulut menjadi:

  • metalik
  • asin
  • terbakar
  • tengik
  • busuk
Baca Juga :  Rekonstruksi Mulut Total - Hasil dan Manfaat

Pada kehamilan, rasa metalik dilaporkan paling banyak. Ada banyak penjelasan medis untuk disgeusia selain kehamilan. Ini mungkin termasuk:

  1. penggunaan vitamin atau suplemen
  2. obat bebas dan obat resep
  3. pilek atau infeksi
  4. diabetes
  5. radang gusi
  6. ginjal atau penyakit hati
  7. kanker atau perawatan kanker

Jika anda tidak memiliki masalah medis di atas, maka dysgeusia kemungkinan besar dianggap jinak. Hal ini mungkin terjadi jika anda memiliki banyak gejala lain selain rasa logam.

Muncul Rasa Logam di Mulut Selama Kehamilan- Global Estetik Dental Care

Muncul Rasa Logam di Mulut Selama Kehamilan- Global Estetik Dental Care

Dysgeusia sendiri tidak secara langsung mempengaruhi perubahan dalam hasrat makanan atau keengganan. Tapi bisa membuat beberapa makanan terasa pahit. Ini adalah kasus dengan makanan yang meninggalkan aftertastes, seperti yang dibuat dengan pemanis buatan. Air mineral juga bisa menambah rasa logam di mulut.

Baca Juga :  Tips dan Trik untuk Gigi yang Lebih Putih Langsung dari Dokter Gigi - Part 1

Secara medis, tidak ada perawatan yang bisa menghilangkan rasa logam yang dialami saat hamil. Tetap saja, ada cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan efek disgeusia. Kebersihan mulut juga bisa berjalan jauh dalam hal menjaga rasa enak di mulut (dan menjaga gusi dan gigi tetap sehat). Selain menyikat gigi dan membersihkan gigi, Ibu bisa dengan lembut menyikat lidah untuk membantu menghilangkan rasa logam yang tersisa. Obat kumur yang lembut juga bisa membantu.