Mulut Kering? Ini Solusinya! – Bagian Pertama

dokter gigi depok

Mulut Kering? Ini Solusinya! – Bagian Pertama

Global Estetik – Mulut kering, atau ‘xerostomia’ adalah suatu kondisi di mana kelenjar ludah di mulut tidak membuat air liur yang cukup untuk menjaga mulut untuk tetap basah. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa mulut kering adalah bagian normal dari penuaan tetapi tidak. Memang, masalah ini cenderung lebih umum ditemukan pada mereka yang telah berumur senja, terutama karena jumlah obat yang mungkin dikonsumsi.

Mengapa kita membutuhkan air liur?

Air liur melindungi dan melumasi mulut kita. Selain itu juga:

  1. Membantu mengunyah, menelan, dan berbicara
  2. Melindungi gigi terhadap kerusakan
  3. Melindungi mulut, gigi dan tenggorokan dari infeksi oleh bakteri, ragi, dan virus dan
  4. Membantu dengan indera perasa kita

Apa yang menyebabkan mulut kering?

Kita semua mungkin mendapatkan mulut kering pada malam hari, hal pertama di pagi hari, ketika kita stres atau ketika kita berolahraga di panas. Ini cukup normal tetapi ada penyebab lain mulut kering dan ini termasuk:

klinik gigi bandung

  • Obat-obatan – banyak resep dan obat-obatan bebas menyebabkan mulut kering, termasuk antihistamin, dekongestan, obat anti-hipertensi (untuk tekanan darah tinggi), tablet anti-diare, relaksan otot, obat-obatan inkontinensia urin, beberapa obat penyakit Parkinson, serta jumlah antidepresan.
  • Beberapa kondisi kesehatan – yang paling umum adalah diabetes yang tidak terkontrol, sindrom Sjögren, penyakit Parkinson dan depresi.
  • Tembakau – mengunyah atau merokok tembakau meningkatkan risiko gejala mulut kering.

Bagaimana cara menanggulangi mulut kering?

Perawatan untuk mulut kering tergantung pada apakah penyebabnya adalah kondisi atau penyakit yang mendasarinya, atau disebabkan oleh obat yang Anda minum. Jika penyebab medis yang mendasarinya ditemukan, dokter umum  akan mungkin mencoba untuk mengelola kondisi tersebut secara efektif untuk mengurangi atau menghilangkan gejala-gejalanya.

Jika obat tertentu menjadi penyebabnya, dokter umum mungkin akan perlu mengubah dosis obat atau bahkan mengubah obat yang mungkin bertanggung jawab untuk munculnya mulut kering. Dalam kasus yang lebih parah, dokter umum mungkin akan memutuskan untuk meresepkan obat khusus untuk merangsang produksi air liur.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat