Mulut Kering? Ini Solusinya! – Bagian Ketiga

dokter gigi jakarta

Mulut Kering? Ini Solusinya! – Bagian Ketiga

Global Estetik – Mulut kering, atau ‘xerostomia’ adalah suatu kondisi di mana kelenjar ludah di mulut tidak membuat air liur yang cukup untuk menjaga mulut untuk tetap basah. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa mulut kering adalah bagian normal dari penuaan tetapi tidak. Memang, masalah ini cenderung lebih umum ditemukan pada mereka yang telah berumur senja, terutama karena jumlah obat yang mungkin dikonsumsi.

Perawatan Mulut Kering di Rumah

Pada akhirnya, konsistensi menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu kunci dalam merawat mulut kering di Rumah. Anda juga dapat mengikuti tips berikut untuk meredakan masalah dan gejala yang ditimbulkan oleh mulut kering:

  1. Minumlah air atau minuman bebas gula atau sedot es batu sepanjang hari untuk melembabkan mulut Anda, dan minum air putih selama makan untuk membantu mengunyah dan menelan.
  2. Kunyah permen karet bebas gula atau sedap permen keras bebas gula. Produk yang mengandung xylitol juga dapat membantu mencegah gigi berlubang. Namun, pada beberapa orang, xylitol, yang sering ditemukan dalam permen karet bebas gula atau bebas gula, dapat menyebabkan gas atau diare jika dikonsumsi dalam jumlah besar.
  3. Cobalah cairan pengganti saliva yang dijual bebas yang mengandung xylitol atau hydroxyethyl cellulose.
  4. Bernafaslah melalui hidung, bukan mulut Anda. Anda mungkin perlu mencari pengobatan untuk mendengkur jika hal itu menyebabkan Anda bernapas melalui mulut di malam hari.
  5. Tambahkan kelembaban ke udara di malam hari dengan pelembab ruangan.
  6. Lembapkan bibir Anda untuk menenangkan area yang kering atau pecah-pecah.

Hindari produk yang dapat memperparah gejala mulut kering. Ini termasuk:

  • Kafein dan alkohol. Produk-produk ini dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Jangan gunakan obat kumur yang mengandung alkohol.
  • Tembakau. Jika Anda merokok atau mengunyah tembakau, berhentilah, karena produk tembakau ini dapat mengeringkan dan mengiritasi mulut Anda.
  • Antihistamin dan dekongestan yang dijual bebas. Obat jenis ini dapat memperburuk masalah mulut kering Anda.
  • Makanan manis dan asam. Jenis makanan ini meningkatkan risiko kerusakan gigi. Hindari juga makanan pedas atau asin karena mereka dapat menyebabkan iritasi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat