Migrain dan Kesehatan Mulut, Emang ada Hubungannya?

Migrain dan Kesehatan Mulut, Emang ada Hubungannya?

Global Estetik – Sebuah penelitian terbaru dari University of San Diego menunjukkan kemungkinan penyebab baru untuk migrain: Bakteri di mulut. Berikut cara kerjanya: Ada bakteri tertentu di mulut, tenggorokan, dan usus yang mengubah nitrat dalam darah menjadi oksida nitrat. Nitrit oksida itu, pada gilirannya, dapat memicu sakit kepala.

Migrain dan Kesehatan Mulut- Global Estetik Dental Care
Migrain dan Kesehatan Mulut- Global Estetik Dental Care

Penelitian ini menguji bakteri dari 171 pasien yang menderita migrain, dan pada hampir 2.000 pasien yang tidak. Ketika para peneliti menganalisis bakteri yang ada pada penderita migrain dan membandingkannya dengan subyek kontrol bebas mereka, mereka menemukan korelasi yang tidak dapat ditolak lagi. Pasien yang bermasalah dengan migrain memiliki lebih banyak bakteri spesifik di mulut dan usus mereka.

Informasi ini bisa sangat berharga untuk penelitian tentang migrain. Namun, korelasi ini tidak memberi tahu peneliti apakah peningkatan kadar bakteri ini adalah penyebab migrain, atau hanya terkait dengan mereka. Hubungan antara bakteri dan migrain belum dijelaskan secara detil namun setidaknya kita telah memiliki satu alasan lain untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Meskipun penelitian ini merupakan langkah yang bermanfaat dalam penelitian migrain, komunitas medis sebagian besar masih tidak tahu persis tentang penyebabnya. Selain penelitian yang menghubungkan bakteri pada mulut dan migrain, ada banyak koneksi potensial lain yang belum sepenuhnya dieksplorasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat menginduksi migrain, sementara penelitian lain menghubungkan migrain dan nyeri punggung hingga kadar garam yang dikonsumsi.

Beberapa bukti mengarahkan kita untuk percaya bahwa sumber migrain berakar di suatu tempat di otot dan pembuluh darah di kepala dan leher. Tetapi pada akhirnya, usaha terbaik yang dokter dapat dapat lakukan untuk pengobatan migrain adalah untuk mendorong pasien mereka untuk mencari pemicu yang mungkin menimbulkan masalah ini, sehingga pasien dapat menghindarinya.

Migrain dan Kesehatan Mulut- Global Estetik Dental Care
Migrain dan Kesehatan Mulut- Global Estetik Dental Care

Migrain kronis juga merupakan gejala umum TMJ, atau gangguan sendi temporomandibular. Untungnya, migrain yang diinduksi TMJ dapat diobati dengan mengobati penyebab yang mendasari: gigitan yang tidak selaras atau “buruk”. Jika sakit kepala anda disertai dengan gejala TMJ lain, seperti nyeri rahang, masalah pada wajah, tinnitus, atau klik rahang, inilah saatnya untuk menemui dokter gigi yang telah berpengalaman dalam mengobati masalah TMJ.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat