Merawat Gigi Palsu Jakarta Utara

 

Merawat Gigi Palsu

Definsi

Klinik Gigi BPJS Jakarta Utara- Gigi merupakan bagian yang selalu menjadi pusat perhatian oleh kebanyakan orang. Memiliki Gigi yang sehat dan bersih tentu menjadi kesenangan bagi kebanyakan orang. Namun tidak semua orang memilikinya, banyak juga yang memiliki kondisi gigi yang tidak bagus dan mengalami kerusakan. Seperti mengalami kerusakan gigi yang tumbang atau rontok yang mengharuskan menggunakan gigi palsu. Gigi palsu merupakan gigi tiruan yang digunakan sebagai pengganti gigi asli yang tumbang atau hilang. Sehingga gigi tidak kehilangan fungsinya. Penggunaan gigi palsu semakin hari semakin banyak peminatnya karena dirasa mejadi solusi penanganan yang bagus dalam menangani kondisi gigi yang tumbang atau hilang bahkan sering dikenal dengan ompong atau rontok. Sehingga gigi akan kehilangan fungsinya untuk mengunyah jika gigi tersebut mengalami kondisi tumbang yang parah seperti ompong. Penggunaan gigi palsu tersebut tentunya sudah dengan prosedur dari dokter yang ahli di bidangnya tidak asal-asalan sehingga terjamin keamanannya, meskipun ada beberapa jenis gigi palsu yang memiliki resikonya tersendiri tergantung pada bahan gigi palsu yang digunakan. Namun resiko yang di alami juga bukan merupakan resiko yang membahaykan, hanyalah resiko pada umumnya seperti timbulnya alergi atau efek setelah pemasangan gigi palsu.

 

merawat gigi palsu jakarta utara

merawat gigi palsu jakarta utara

 

Klinik Gigi Jakarta Utara- Dalam penggunaan gigi palsu tentunya kita harus memperhatikan cara untuk merawatnya apalagi gigi palsu dengan jenis lepasan. Jika kita tidak rajin untuk melakukan perawatan terhadap gigi palsu maka akan beresiko gangguan pada kesehatan pada mulut yang seperti penyakit bau mulut, sariawan atau bahkan nyeri pada gusi. Selain itu juga jika tidak memperhatikan perawatan pada gigi palsu akan cepat mengalami kerusakan sehingga tidak awet digunakan. Untuk itu merawat gigi palsu merupakan hal yang tidak boleh dispelekan. Berikut ini beberapa cara yang harus diperhatikna untuk merawat gigi palsu :

  • Selalu rajin untuk merendam gigi palsu pada setiap waktu malam atau ketika sedang tidak digunakan.

Hal ini terutama bagi pengguna gigi palsu lepasan yang tidak bersifat permanen. Merendamkan gigi palsu dengan menggunakan air yang telah dicampur dengan larutan pembersih khusus yang diberikan oleh dokter. Perendaman gigi palsu ini dilakukan selama semalaman. Tuujuannya yaitu agar gigi palsu tetap terjaga klembapannya sehingga tidak akan kering atau sampai kehilangan bentuknya. Untuk merendam gigi palsu di sarankan tidak diperbolehkan untuk menggunakan air yang panas karena hal tersebut daapat bersiko pada gigi palsu akan berubah bentuk dan juga berlubang.

  • Ketika memegang gigi palsu harus berhati-hati.

Katika hendak memegang gigi palsu peganglah dengan secara berhati-hati, karena jika gigi palsu jatuh ataupun juga terbentur oleh benda-benda terutama yang keras ditakutkan akan menyebabkan gigi palsu tersebut patah bahkan juga pecah.

  • Menghindari menggunakan pasta gigi biasa ketika sedang menggosok gigi.

Bagi pengguna gigi palsu hal yang dianggap tidak penting seperti ini harus diperhatikan dengan tidak menggunakan pasta gigi yang sembarangan karena pasta gigi tersebut biasanya bersifat abrasif dan juga dapat menyebabkan goresan atau juga lubang kecil pada area gigi palsu tersebut. Disarankan menggunakan pasta gigi khusu untuk gigi palsu. Selain itu juga pasta gigi atau produk bleaching gigi juga tidak dapat untuk digunakan menggosok gigi palsu karena produk bleaching pemutih gigi tersebut justru akan menyebabkan gigi palsu menjadi rapuh.

  • Menghindari dari makanan yang bertekstur keras dan juga minuman dengan suhu yang panas.

Karena hal tersebut dapat berakibat pada bentuk gigi palsu. Sebaiknya mengkonsultasikan kepada dokter gigi mengenai makanan dan juga minuman yang sebaiknya dihindari ketika dalam penggunaan gigi palsu agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

  • Rutin untuk menjaga kebersihan gigi palsu.

Kebersihan pada gigi palsu merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Cara membersihkannyapun mudah degan mmebilas gigi palsu dengan menggunakan air yang mengalir sebelum menyikat gigi palsu untuk menghilangkna dari sisa sampah makanan yang menempel pada gigi palsu.Setelah itu bersihkan seluruh area permukan gigi palsu dengan menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut yang khusus agar gigi palsu tidak tergores. Setelah itu gigi palsu yang telah bersih lalu direndam pada air yang telah tercampur dengan larutan pembersih khusus gigi palsu.

  • Rajin untuk membersihkan gigi dan juga mulut.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan hal yang harus diperhatikan, merawat kebersihan gigi palsu juga belum cukup, namun juga harus merawat kebersihan gigi asli. Dengan cara membersihkan gigi dan juga mulut secara rutin secara dua kali dalam sehari atau bahkan setiap gigi palsu dilepas. Hal ini dapat mengurangi resiko iritasi dan juga bau mulut dan juga sekaligus membersihkan perekat pada gigi palsu yang masih menempel pada area gusi.

  • Melakukan pemeriksaan secara rutin pada gigi asli dan juga gigi palsu.

Mengkunjungi dokter gigi secara rutin setidaknya dalam dua kali sehari. Juga selalu memeriksakan kebersihan gigi palsu dan juga gigi asli pada dokter. Dalam hal ini dokter juga akan mengcek apakah gigi palsu perlu dilakukan pergantian atau tidak.

 

merawat gigi palsu di jakarta utara

merawat gigi palsu di jakarta utara

 

Biaya Gigi Palsu Jakarta Utara- Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawt gigi palsu kita agar tidak cepat mengalami kerusakan dan terhindar dari berbagai macam kuman yang dapat menimbulkan penyakit pada rongga mulut. Teruntuk pengguna gigi palsu harus rajin dan tidak boleh malas dalam melakukan perawatan pada gigi palsu agar tidak mengakibatkan kerusakan yang lebih lagi yang diisebabkan oleh bakteri yang timbul dari tidak bersihkan gigi palsu. Selayaknya gigi asli yang harus dirawat dengan rajin menjaga kebersihan giginya, gigi palsupun juga hampir sama prosedurnya dalam merawat giginya hanya saja bahan-bahan yang digunakan tidak boleh bahan-bahan sembarangan, harus menggunakan bahan-baahan yang khsus atas anjuran dari dokter. Jika rajin merawat gigi palsu tentunya akan menjadikan gigi palsu yang bersih dan menambah jangka waktu ketahananya atau awet dalam penggunaanya dan juga tidak menimbulkna penyakit lainnya pada rongga mulut. Namun sebaliknya jika tidak rajin merawat gigi palsu maka kondisi gigi palsu akan kotor dan menimbulkan bakteri pada rongga mulut yang berpengaruh juga pada ketahanaan atau keawetan pada gigi palsu yang digunakan. Begitu sangat pentingnya menjaga dan juga merawat gigi palsu dan tidak memperlakukan gigi palsu dengan seenaknya saja apalagi sampai mengabaikan kebersihannya begitu saja karena hal itu dapat menimbulkan resiko lainnya yang tidak diharapkan ada. Untuk itu bagi pengguna gigi palsu untuk lebih memperhatikan lagi gigi palsu yang digunakan jangan menyepelekannya apalagi tidak memperhatikan kebersihannya, hal itu merupakan kecerobohan jika seseorang pengguna gigi palsu mengabaikan kebesihan dan juga tidak memperdulikan perawatan pada gigi palsu dan juga pada gigi aslinya harus diperhatikan.

 

Global Estetik Cabang Jakarta Utara di

Amanyaak Building Loft Of Pluit

Jl. Pluit Selatan No.5 – 9, RT.1/RW.9, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir/-6.22592,106.8302336/amanyaak/@-6.180592,106.7725125,13z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e6a1deda2032761:0x2c650975d69c46dc!2m2!1d106.7975779!2d-6.1244435

 

Rute  Waze : https://www.waze.com/id/live-map/directions/id/daerah-khusus-ibukota-jakarta/amanyaak-building-loft-of-pluit?to=place.ChIJYScDou0dai4R3Eac1nUJZSw

 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

Penulis oleh Drg. Arnof