Menjaga Kesehatan Mulut dalam Umur Senja

klinik gigi depok

Global Estetik – Tahukah Anda bahwa kesehatan mulut anda terkait dengan kesehatan anda secara keseluruhan, dan juga kualitas hidup anda? Hal ini terutama berlaku seiring bertambahnya usia kita.  Masalah gigi yang umum untuk orang dewasa yang lebih tua termasuk kehilangan gigi, gusi yang surut, gerakan gigi, dan mulut kering. Bila dikombinasikan dengan berkurangnya mobilitas atau ketangkasan saat memegang barang, akan menjadi jauh lebih sulit untuk mengikuti kebiasaan kesehatan mulut yang baik seperti menyikat gigi, membersihkan gigi, dan kunjungan rutin ke klinik dokter gigi. Ini berarti semakin tua kita, semakin besar risiko kita untuk terkena kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Mulut Kering Bisa Berbahaya bagi Kesehatan Mulut Anda
Menjaga Kesehatan Mulut dalam Umur Senja- Global Estetik Dental Care
Menjaga Kesehatan Mulut dalam Umur Senja- Global Estetik Dental Care

Mulut kering (juga disebut xerostomia) adalah kondisi di antara orang dewasa yang lebih tua yang terjadi saat tubuh anda tidak menghasilkan cukup air liur. Kondisi ini merupakan efek samping yang umum dari banyak obat yang diresepkan.

Baca Juga :  Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Mulut Tetap Higienis Selama Bulan Ramadhan

Mulut kering yang parah dapat menyebabkan masalah seperti makanan menempel pada gigi, sulit berbicara atau menelan, dan bahkan rasa terbakar yang tidak enak di mulut.

Bila sulit untuk makan, banyak lansia beralih ke makanan yang mengandung gula dan karbohidrat olahan – roti, biskuit, dan permen – karena lebih mudah untuk makan dan mempersiapkannya, atau karena dapat membantu gejala mulut kering dan meningkatkan air liur. Sayangnya, makanan ini bisa membuat gigi anda lebih rentan terhadap gigi berlubang jika anda juga memiliki mulut kering. Batasi makanan ini dalam makanan anda, atau pertimbangkan untuk menggunakan alternatif bebas gula.

Menyikat gigi penting untuk kesehatan mulut
Menjaga Kesehatan Mulut dalam Umur Senja- Global Estetik Dental Care
Menjaga Kesehatan Mulut dalam Umur Senja- Global Estetik Dental Care

Langkah pertama menuju kesehatan mulut yang baik adalah menyikat setiap hari yang meliputi sikat gigi yang lembut dan pasta gigi berfluoride. Hapus plak dari semua permukaan gigi minimal dua kali sehari.

Baca Juga :  Lima Tips Menyikat Gigi Terbaik ala Dokter Gigi

Gunakan sikat lengkung lembut dari gusi ke ujung gigi dan luangkan dua menit penuh untuk menyikat semua permukaan. Menyikat gigi sering dan dengan produk yang sesuai akan membantu menciptakan senyuman yang lebih sehat.

Tip Berguna Lainnya
  • Menyikat setiap pagi membantu mulut terasa segar, dan bahkan bisa membuat makanan terasa lebih enak. Sikat sekali di siang hari, sebaiknya setelah camilan.
  • Saat menyikat gigi sebelum tidur, gunakan produk yang akan membantu menjaga mulut anda tetap lembab di malam hari.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan pasta gigi antibakteri, yang telah terbukti mengurangi plak dan radang gusi.
  • Bersihkan gigi anda setiap hari dengan floss atau alternatif floss.

Jika anda memiliki mulut kering, bicarakan dengan dokter gigi pilihan anda tentang resep dan produk over-the-counter yang mungkin bisa membantu.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat