Menjaga Gigi Dan Gusi Tetap Sehat Meski Memakai Behel Ceramic

behel sapphire

Menjaga Gigi Dan Gusi Tetap Sehat Meski Memakai Behel Ceramic

Global Estetik – Keberhasilan perawatan ortodontik, baik dengan behel ceramic, retainer atau invisalign sangat bergantung pada seberapa baik gigi dan gusi dijaga bersih dari bakteri yang mengandung plak selama perawatan. Plak harus dilepas secara merata dari gigi dua kali sehari ketika Anda memiliki kawat gigi, dan pembersihan secara profesional dengan lebih sering (idealnya setiap 3 bulan) juga dianjurkan.

Plak yang menempel pada bahel dan gigi dapat menyebabkan gigi berlubang, gusi bengkak, bau mulut dan noda permanen pada gigi Anda. Oleh karena itu, jika Anda memakai bahel ada baiknya untuk mengerti cara perawatan gigi dengan bahel agar tidak merusak kesehatan gigi dan gusi Anda:

Cara Membersihkan Gigi yang Memakai Behel Ceramic

Menjaga Gigi Dan Gusi Tetap Sehat Meski Memakai Behel- Global Estetik Dental Care
Menjaga Gigi Dan Gusi Tetap Sehat Meski Memakai Behel- Global Estetik Dental Care

Menyikat dengan sikat gigi manual atau listrik selama dua menit adalah cara terbaik untuk membuang plak secara mekanis. Untuk di antara gigi, flossing tidak semudah sebelumnya karena ada kawat yang menghubungkan gigi bersama. Penggunaan floss threader untuk menggapai archwires pasti direkomendasikan. Membilas dengan garam laut setelah menyikat gigi dan flossing juga dapat membantu menjaga gigi, gusi dan jaringan lain di mulut Anda agar bersih dan sehat.

Dampak Negatif dari Kebersihan Mulut yang Buruk pada Behel Ceramic

Tentu saja alasan utama Anda menjalani perawatan ortodontik adalah memiliki gigi yang lebih rata dan senyuman simetris. Behel tidak dapat merusak gigi Anda, tetapi kebersihan mulut yang buruk dapat terjadi. Di bawah ini adalah beberapa masalah kebersihan potensial dengan bahel gigi:

Gingivitis: Gingivitis adalah tahap pertama penyakit gusi disertai pendarahan, atau gusi. Ini merupakan indikasi adanya aktivitas bakteri aktif melalui akumulasi plak. Menyikat, flossing, memijat lembut gusi dan membilas dengan garam laut dapat membantu meringankan pendarahan dengan cepat.

Periodontitis: Jika gingivitis tidak diobati, tahap berikutnya penyakit gusi adalah periodontitis. Pada tahap ini infeksi dan peradangan pada gusi menyebar ke ligamen dan tulang yang mendukung gigi. Gusi mulai tertarik dan ruang muncul di antara gigi dengan kantung di sekitar gigi, yang memungkinkan akumulasi plak lebih mudah.

Bahaya tidak merawat gigi- Global Estetik Dental Care
Bahaya tidak merawat gigi- Global Estetik Dental Care

Dekalsifikasi: Kadang-kadang disebut “bintik-bintik putih” adalah tanda noda permanen di sekitar kawat gigi. Garis-garis dan bintik-bintik ini tetap ada di gigi Anda seumur hidup. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah memiliki kebiasaan kebersihan mulut yang sangat baik.

Dengan memahami cara perawatan gigi dan gusi saat menggunakan behel ceramic, Anda akan terhindar dari masalah yang dapat terjadi. Pastikan berkonsultasi dengan dokter gigi Anda bila terjadi hal yang tidak nyaman pada gigi dan gusi Anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat