Menilik Hubungan Obesitas dengan Kesehatan Gigi dan Mulut

Global Estetik – Menurut sebuah studi yang baru dipublikasikan, obesitas mungkin adalah faktor besar penyebab munculnya penyakit gusi selain merokok. Karena merokok adalah salah satu faktor risiko utama untuk penyakit gusi, ini adalah masalah besar yang potensial. Namun, penelitian sebelumnya tampaknya menunjukkan bahwa kegemukan sebenarnya bukan merupakan faktor risiko penyakit gusi. Bagaimana kita tahu cara menafsirkan temuan ini?

Studi Baru Mengaitkan Obesitas dengan Penyakit Gusi
Hubungan Obesitas dengan Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Hubungan Obesitas dengan Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Dalam Jurnal Penelitian Gigi sebuah penelitian mengamati 260 orang dewasa yang menjalani terapi periodontal nonsurgical untuk menentukan faktor apa yang paling berdampak pada kemampuan orang untuk pulih. Mereka mempertimbangkan faktor seperti usia, status merokok, dan indeks massa tubuh (BMI). BMI dianalisis baik sebagai variabel kontinu, dan sebagai kategori yang berbeda (normal, kelebihan berat badan, obesitas).

Baca Juga :  Pasta Gigi dari Teh Hijau? Iya, Teh Hijau

Hasil penelitian menunjukkan tidak hanya bahwa BMI merupakan faktor utama dalam hasil yang buruk baik sebagai variabel kontinu dan berdasarkan kategori, tetapi bahwa faktor itu sama seriusnya dengan merokok dalam hal dampaknya.

Data Terbaru Menunjukkan Tidak Ada Tautan

Namun, penelitian populasi besar sebelumnya tidak menemukan hubungan antara obesitas dan penyakit gusi. Penelitian ini dipublikasikan tahun lalu dan berdasarkan survei terhadap lebih dari 2700 orang di Kanada yang berusia 20-79 tahun, sekitar 55% di antaranya mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Individu diperiksa untuk penyakit periodontal dan dibagi berdasarkan berat badan, lingkar pinggang, usia, dan status merokok. Studi ini menemukan bahwa baik berat badan maupun lingkar pinggang tidak berkorelasi dengan risiko periodontal yang lebih tinggi. Hanya usia dan perokok aktif atau mantan perokok yang menyebabkan peningkatan risiko.

Baca Juga :  Cara Mencegah Munculnya Komplikasi Dalam Proses Pemasangan Implan Gigi - Part 3
Cara Menanggapi Dua Studi Ini
Hubungan Obesitas dengan Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Hubungan Obesitas dengan Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Terkadang sulit untuk mengetahui cara menarik kesimpulan dari sains, terutama di area yang muncul seperti ini. Namun, dalam dua studi ini, cukup relatif mudah untuk mengkonsolidasikannya. Studi di Kanada melihat risiko keseluruhan, berdasarkan survei acak populasi. Studi yang lebih baru, bagaimanapun, melihat orang-orang yang menjalani perawatan penyakit gusi dan fokus pada pemulihan.

Jadi, meskipun kegemukan mungkin tidak terkait dengan risiko penyakit periodontal secara keseluruhan, tampaknya itu akna mempengaruhi kemampuan kita untuk pulih, karena itu akan mempengaruhi kemampuan anda untuk pulih dari operasi dan cedera. Ini berarti bahwa pengendalian berat badan dapat menjadi strategi yang baik untuk mencoba meningkatkan keberhasilan pengobatan penyakit gusi yang diderita.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat