Menilik Hubungan antara Kanker Payudara dan Kesehatan Gusi

Menilik Hubungan antara Kanker Payudara dan Kesehatan Gusi

Global Estetik – Sepertinya penyakit gusi telah dikaitkan dengan segala penyakit mulai dari penyakit jantung dan stroke hingga rheumatoid arthritis dan penyakit ginjal. Sayangnya, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa ada semacam hubungan antara penyakit gusi dan kanker payudara, khususnya pada wanita pascamenopause.

Para peneliti mengumpulkan data dari sekitar 74.000 wanita pascamenopause untuk penelitian ini. Tak satu pun dari wanita ini memiliki riwayat kanker payudara ketika penelitian dimulai, tetapi selama tindak lanjut setelah tujuh tahun, 2.000 wanita telah mengembangkan masalah kanker payudara. Wanita yang telah merokok selama penelitian berada pada risiko 32% lebih tinggi terkena kanker payudara, tetapi penting untuk menyebutkan bahwa tidak ada banyak perokok saat ini dalam penelitian ini.

Hubungan antara Kanker Payudara dan Kesehatan Gusi- Global Estetik Dental Care
Hubungan antara Kanker Payudara dan Kesehatan Gusi- Global Estetik Dental Care

Wanita yang telah berhenti merokok dalam 20 tahun terakhir tetapi memiliki penyakit gusi berada pada risiko 36% lebih tinggi untuk terkena kanker payudara, dan wanita dengan penyakit gusi yang telah berhenti merokok lebih dari 20 tahun sebelum penelitian masih berada pada 8% peningkatan risiko. Bahkan di kalangan non-perokok dengan penyakit gusi berada pada 6% peningkatan risiko untuk terkena kanker payudara.

Penyebab dan Pencegahan

Meskipun semua angka-angka ini, para peneliti belum menemukan hubungan yang tepat antara penyakit gusi dan kanker payudara. Penyakit gusi biasanya terjadi setelah bakteri membangun plak di gigi anda. Jika dibiarkan tidak terkendali, plak dan bakteri ini dapat menginfeksi gusi, menyebabkan peradangan dan pendarahan yang menyebabkan gigi dan tulang menjadi rusak seiring waktu.

Para peneliti masih mencari apakah peradangan adalah penyebab hubungan antara penyakit gusi dan kanker payudara. Bakteri juga dapat melakukan perjalanan ke seluruh tubuh, dan beberapa di antaranya telah terbukti mengurangi respons tubuh terhadap kanker stadium awal. Penyakit gusi juga biasanya dikaitkan dengan perilaku berisiko seperti merokok, minum, dan makan makanan yang tidak sehat, yang juga dapat berfungsi sebagai penghubung antara dua penyakit.

Anda dapat melindungi diri dari penyakit gusi dengan makan dan minum dengan sehat, menghindari kebiasaan merokok, dan menyikat gigi seerta flossing setidaknya dua kali sehari yang diikuti dengan obat kumur. Jangan lupa juga untuk secara teratur mengunjungi dokter gigi pilihan anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat