Menggunakan Tinta Cumi-Cumi untuk Mendeteksi Radang Gusi

Menggunakan Tinta Cumi-Cumi untuk Mendeteksi Radang Gusi

Global Estetik – Penyakit gusi mungkin akan terlihat ringan diawal tetapi dampak jangka panjangnya bisa sangat mematikan, mulai dari kanker payudara hingga penyakit jantung, dan segala sesuatu di antaranya. Itu sebabnya penting untuk menganggapnya serius, bahkan pada tahap awal.

Untuk mendiagnosis penyakit gusi, dokter gigi pilihan anda pertama-tama akan mencari gejala penyakit yang terlihat, dan menanyakan anda tentang bagaimana gigi dan gusi anda terasa. Kemudian, jika mereka merasa perlu, mereka akan menggunakan sesuatu yang disebut probe periodontal untuk menentukan seberapa dalam kantong antara gusi dan gigi anda. Dalam mulut yang sehat, seharusnya tidak ada kantong yang lebih dalam dari sekitar tiga milimeter. Kini, penelitian terbaru sedang mencoba untuk menggantikan peralatan ini dengan tinta dari cumi-cumi.

Probe Periodontal Terbaru: Tinta Cumi
Mendeteksi Radang Gusi- Global Estetik Dental Care
Mendeteksi Radang Gusi- Global Estetik Dental Care

Para peneliti dari Universitas of California Department of Nanoengineering sedang mencari cara untuk menggunakan tinta cumi sebagai semacam obat kumur untuk membantu mengidentifikasi penyakit gusi, dan mungkin menggantikan probe periodontal, yang kadang-kadang bisa tidak akurat karena kesalahan manusia.

Untuk menggunakan tinta untuk mendiagnosis penyakit gusi, pasien pertama-tama akan berkumur dengan larutan yang dibuat dengan tinta cumi di sekitar mulut mereka. Tindakan kapiler secara alami akan menarik tinta itu ke dalam kantong di antara gigi dan gusi. Dokter gigi pilihan anda kemudian akan memancarkan laser ke mulut anda, yang diserap oleh tinta, menyebabkannya untuk membengkak. Kemudian, ultrasound dapat digunakan untuk menunjukkan di mana tinta telah tertarik, menyoroti kantong-kantong tersebut.

Tinta cumi adalah zat yang ideal untuk tes semacam ini, karena cukup gelap untuk menyerap cahaya dan muncul dalam ultrasound, dan berbentuk cair, yang membuatnya sangat cocok untuk menembus ke kantong-kantong kecil dalam mulut. Plus, karena sudah digunakan dalam makanan, bahan ini sangat aman untuk mulut manusia.

Tinta cumi mungkin tidak akan ada di klinik dokter gigi dalam waktu deklat, tetapi itu tidak berarti anda tidak boleh tetap membiarkan masalah kesehatan gusi anda. Jika anda mengalami gejala apa pun yang terdengar seperti tanda peringatan dini dari penyakit gusi, sgera buat janji untuk bertemu dengan dokter gigi pilihan anda. Mereka akan dapat memberi tahu anda apa yang perlu anda lakukan untuk menjaga kesehatan mulut selalu dalam kondisi prima.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat