Mengenal Perbedaan Ortodontis dengan Dokter Gigi

klinik gigi bandung memilih dokter gigi kosmetik

Mengenal Perbedaan Ortodontis dengan Dokter Gigi

Global Estetik – Jika anda mempunyai masalah gigi, maka salah satu solusinya adalah dengan mengunjungi dokter gigi atau dentist. Namun, sebagai masyarakat awam mungkin anda pernah kebingungan dalam membedakan antara ortodontis dan dentist. Terlebih keduanya sama-sama membantu menangangi masalah gigi. Supaya anda tidak salah memilih ahli perawatan gigi, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu perbedaan ortodontis dan dentist.

Sebetulnya dokter gigi tidak berbeda jauh dengan dokter umum, sedangkan untuk ortodontis merupakan dokter spesialis gigi yang khusus menangani masalah ortodonti. Perlu anda ketahui bahwa ortodonti merupakan bidang kedokteran gigi yang hanya khusus mempelajari estetika gigi, wajah dan rahang. Dengan demikian ortodonti hanya fokus pada perbaikan posisi gigi serta memastikan posisi rahang sejajar dan benar, sehingga tidak mengganggu stuktur wajah.

Selain itu, posisi rahang maupun gigi tersebut juga untuk memastikan bahwa anda dapat mengunyah maupun berbicara dengan baik. Tentunya hal tersebut juga menghindarkan anda dari berbagai masalah gigi berlubang, plak gigi dan lain sebagainya.

Perbedaan Ortodontis dengan Dokter Gigi-Global Estetik
Perbedaan Ortodontis dengan Dokter Gigi-Global Estetik

Jika anda mengalami masalah gigi serta rongga mulut misalnya gigi berlubang atau gigi yang copot, maka silakan mendatangi dokter gigi saja. Namun, jika anda ingin mempunyai gigi yang sehat, maka silakan lakukan pemeriksaan rutin setidaknya enam bulan sekali untuk melakukan pembersihan dan scalling gigi. Dengan scalling secara rutin, maka anda bisa memperoleh gigi dan gusi yang bersih serta bebas dari karang gigi. Akan lebih baik jika membiasakan mengunjungi dentist sejak masih anak-anak, sehingga memeriksakan gigi menjadi sebuah kebiasaan yang harus dilakukan.

Selain itu, bila anda merasakan gejala pada gigi atau mulut, maka silakan berkonsultasi dengan dentist saja. Tak perlu khawatir, karena dari hasil pemeriksaan oleh dentist maka nantinya anda akan dirujuk untuk melakukan perawatan dan penanganan lebih lanjut pada dokter spesialis. Dengan demikian, anda tetap bisa memperoleh perawatan gigi sesuai dengan masalah atau keluhan yang anda alami.

Demikianlah penjelasan mengenai membedakan antara ortodontis dengan dokter gigi yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas bisa diketahui bahwa ortodontis bertugas untuk memperbaiki posisi atau stuktur gigi dan rahang, sehingga akan membuat penampilan anda lebih menarik. Sedangkan, jika anda mengalami keluhan pada gigi maka silakan kunjungi dentist untuk memperoleh perawatan serta pemeriksaan untuk tindakan lebih lanjut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat