Mengenal Peran Penting Teknologi CAM Dalam Dunia Kedokteran Gigi

teknologi dalam kedokteran gigi

Mengenal Peran Penting Teknologi CAM Dalam Dunia Kedokteran Gigi

Global Estetik – Jika anda pernah belajar tentang CNC mungkin sudah tidak asing asing dengan computer-aided manufacturing (CAM) yang berfungsi untuk mengontrol tools mesin pada CNC. Seiring berkembangnya teknologi, CAM ini juga digunakan untuk kedokteran gigi untuk sistem komputerisasi dan mesin yang dipakai dalam pembuatan berbagai restorasi gigi. Teknologi CAM dalam kedokteran gigi juga berfungsi untuk membantu perencanaan manufaktur, managemen, transportasi serta penyimpanan. Dengan menggunakan CAM ini maka membantu para ahli gigi dalam mengetahui cara scanning serta desain pembuatan restorasi all ceramic yang memakai teknik CAM.

Dalam dunia kedokteran gigi, penggunaan teknologi CAM ini memang sudah tak perlu diragukan lagi karena membantu desain pada komputer serta teknologi manufaktur. Dengan menggunakan CAM maka revitalisasi praktik dan rehabilitasi gigi bia dilakukan secara mudah dan cepat dalam kurun waktu satu jama saja. Teknologi ini juga menggunakan bahan yang aman sehingga pasien tetap merasa nyaman selama proses perawatan berlangsung.

Teknologi CAM Dalam Dunia Kedokteran Gigi- Global Estetik Dental Care
Teknologi CAM Dalam Dunia Kedokteran Gigi- Global Estetik Dental Care

Secara lebih jelasnya, CAM pada kedokteran gigi menggunakan teknologi optik yaitu teknik impresi pemindai 3D lalu hasil pemindaian akan dipindahkan ke komputer untuk restorasi atau merancang jembatan. Kemudian desain restorasi tersebut akan dipindahkan ke mesin penggilingan sehingga akan diperoleh hasil restorasi yang sesungguhnya. Selain itu teknologi ini juga membantu pada dokter gigi untuk memberikan pengobatan pada pasien dengan melakukan implan. Melalui teknologi yang berbasis komputerisasi ini maka dokter gigi bisa menilai kuantitas tulang serta kualitas tulang pada sekitar implan yang akan ditempatkan.

Teknologi CAM memang sangat berguna dalam mempercepat proses pembuatan serta pemasangan gigi palsu. Ketika seorang pasien membutuhkan gigi palsu maka dokter gigi harus segera membuat cetakan gigi pasien dan memberikan gigi semantara untuk pasien tersebut. Sesudah menunggu selama beberapa waktu, pasien akan memperoleh gigi palsu yang permanen.

Dengan menggunakan teknologi CAM ini maka gigi palsu yang sudah jadi akan dipasang dengan memberi lubang pada gigi anda sebagai tempat gigi palsu tersebut kemudian akan langsung difoto oleh komputer. Gambar yang sudah diperoleh akan dipindai mesin dan proses pembuatan gigi palsu akan dikerjakan pada saat itu juga. Dengan demikian proses pemasangan gigi palsu juga semakin cepat dan pasien tidak perlu berkali-kali harus mengunjungi dokter gigi.

Hadirnya CAM dalam dunia kedokteran gigi memang bisa menjadi solusi terbaik bagi para dokter gigi yang ingin memberikan penanganan secara lebih cepat untuk para pasien. Tentunya dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang cukup terhadap CAM ini agar setiap dokter gigi mampu menggunakannya secara optimal dalam memberikan pelayanan bagi pasien.

Demikianlah penjelasan mengenai peran penting teknologi CAM dalam dunia kedokteran gigi yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa CAM memberikan banyak manfaat bagi dunia kedokteran terutama dalam pembuatan gigi palsu yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan pasien. Dengan demikian setiap pasien bisa memperoleh gigi palsu tanpa perlu harus membuang waktu dan biaya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat