Mengenal Orthodontic Retainer Part 2

Global Estetik – Retainer terus menjaga gigi anda tetap di tempatnya setelah kawat gigi terlepas. Dibutuhkan hampir satu tahun untuk ligamen periodontal untuk memperkuat posisi baru mereka setelah kawat gigi dilepas. Itulah mengapa anda harus memakai retainer anda persis seperti yang diperintahkan oleh dokter gigi pilihan anda. Jika anda berhenti memakainya, gigi anda bisa bergeser dan miring lagi, atau celah lama bisa terbuka kembali.

Berbagai Variasi Orthodontic Retainer
Orthodontic Retainer- Global Estetik Dental Care
Orthodontic Retainer- Global Estetik Dental Care

Ada tiga tipe dasar retainer yang ada saat ini; Masing-masing bekerja paling baik dalam situasi tertentu. Yang paling umum adalah yang disebut “Hawley” retainer – tipis dan berbentuk seperti lidah berbahan akrilik yang dicetak agar sesuai dengan mulut anda, dengan kawat yang berguna untuk memegang gigi anda dalam posisi yang diinginkan. Retainer jenis Hawley ini sederhana, tahan lama dan mudah dilepas. Bahkan mungkin untuk mempersonalisasikannya dengan memilih berbagai warna dan desain untuk lengkungan plastiknya. Retainer ini juga dapat disesuaikan untuk memperbaiki gerakan minor gigi anda.

Mengikuti trend populer lainnya adalah tipe aligner yang transparan, yang terlihat mirip dengan sistem tray milik Invisalign®. Retainer ini terbuat dari plastik tipis dan transparan yang dirancang agar sesuai dengan gigi anda. Keuntungan utama mereka adalah bahwa mereka tidak terlihat, tanpa kawat untuk ditunjukkan. Retainer jenis ini juga mudah dilepas, tapi mungkin agak kurang tahan lama dibanding retainer jenis Hawley. Penggunaan clear retainer tidak dianjurkan untuk pasien dengan kondisi tertentu, seperti pasien dengan kebiasaan grinding gigi.

Akhirnya, retainer tetap bisa menjadi pilihan bagi beberapa orang, terutama pada gigi depan bagian bawah. Seperti namanya, mereka tidak dapat dilepas oleh pemakainya – tapi juga tidak terlihat. Sistem ini menggunakan kawat yang terikat ke sisi lidah gigi. Retainer ini mungkin tetap ada di dalam mulut anda selama berbulan-bulan, atau lebih lama lagi. Jenis retainer ini adang direkomendasikan bila ada risiko tinggi bahwa gigi dapat kembali ke posisi semula.

Perawatan terhadap Retainer
Orthodontic Retainer- Global Estetik Dental Care
Orthodontic Retainer- Global Estetik Dental Care

Jangan pernah menempatkan retainer anda di dalam tissue atau napkin. Pastikan untuk selalu menyikat retainer anda dengan pasta gigi saat anda mengeluarkannya. Anda mungkin juga perlu merendam retainer anda di cairan yang berisikan setengah Listerine dan setengah air selama beberapa menit setiap hari.

Agar tetap segar dan bebas kuman, semua retainer perlu dibersihkan dengan benar. Pengguna tipe Hawley dapat menyikat dengan lembut dengan sikat gigi biasa – namun sikat gigi bisa menggores jenis retainer yang jernih. Pembersih gigi palsu, dalam bentuk bubuk atau tablet, serta pembersih retainer khusus, dapat digunakan untuk membersihkan sebagian besar retainer yang dapat dilepas. Retainer tetap dibersihkan dengan menyikat gigi dan flossing.

Akhirnya, ingat untuk selalu membawa – dan menggunakan – retainer case. Selain itu, jangan memaparkan retainer anda terhadap panas berlebih dengan mencucinya dengan air yang sangat panas atau membiarkannya di pemanas: hal itu dapat menyebabkan retainer melengkung dan membuatnya tidak dapat digunakan lagi. Dengan perawatan yang tepat dan penggunaan yang teliti, retainer dapat membantu Anda beralih dari kawat gigi ke senyuman sehat dan permanen.

 

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat