Mengenal Lebih Dekat Konsep Biomimetics dalam Kedokteran Gigi

dokter gigi depok

Mengenal Lebih Dekat Konsep Biomimetics dalam Kedokteran Gigi

Global Estetik – Permintaan publik untuk opsi restorasi (penambalan) gigi yang diwarnai dengan estetika (bebas dari bahan logam) bersama dengan keinginan profesi dokter gigi untuk melestarikan sebanyak mungkin struktur gigi yang alami telah mengarah pada pengembangan opsi restorasi gigi khusus berwarna alami. Dan permintaan ini tidak terbatas pada gigi depan saja.

Sekarang jelas telah ditetapkan bahwa Pendekatan Biomimetik baru (bio-life, mimetic-mimicking) untuk kedokteran gigi dimungkinkan melalui penggunaan bahan-bahan seperti gigi yang terstruktur seperti resin komposit dan porselen.

Studi ilmiah dan pengalaman klinis telah memvalidasi penggunaannya sebagai aman dan dapat diprediksi. Perubahan-perubahan ini secara signifikan berdampak pada cara praktik kedokteran gigi modern. Memang, kita mungkin telah memasuki apa yang disebut era pasca-amalgam. Teknik ini juga cocok untuk gigi anak-anak dan dapat memasukkan fluoride untuk mengurangi tingkat kerusakan.

dokter gigi depok

Artikel ini akan mengulas evolusi ini dan proses yang mengarah pada pengembangan bahan yang berhasil mengikat blok bangunan gigi, enamel, dan dentin. Gigi yang direstorasi dengan benar tidak hanya berfungsi dan berguna secara normal di bawah kekuatan gigitan, tetapi juga terlihat tidak dapat dibedakan dari gigi yang asli.

Gigi dan Bahan Biomimetik yang Meniru Warna Alami Gigi

Gigi melalui kombinasi unik dari bahan-bahan alam merupakan kompromi sempurna antara kekuatan dan ketahanan. Menariknya, daam kedua komponen ini, enamel dan dentin, memiliki beberapa hal sangat mirip tetapi juga sangat berbeda.

Enamel yang membentuk cangkang keras luar (mahkota) gigi, bisa dibilang merupakan zat terkeras yang diproduksi oleh hewan di alam. Terbuat dari kristal kalsium (hidroksiapatit) yang sangat padat, struktur kristal inilah yang memberikan sifat kekerasan, kecemerlangan, dan tembus cahaya, serta ketahanannya dari keausas. Setelah terbentuk, enamel cukup lembam karena tidak ada jaringan hidup di dalamnya.

Sebagian besar sifat enamel ditiru dengan baik oleh porselen gigi. Perselen adalah bentuk keramik, bahan non-logam anorganik yang dibentuk oleh aksi panas. Porselen gigi dibuat dalam banyak warna dan pilihan; mereka dibuat dalam bentuk bubuk yang sesuai dengan warna primer struktur gigi dasar yang dicampur dengan air dan kemudian ditempatkan dalam oven karenanya sifat keramiknya. Porselen-porselen ini bisa dibuat berlapis-lapis dan dapat dibuat persis menyerupai warna dan kontur enamel gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat