Mengenal Lebih Dekat Hypoplasia dan Hypomineralization

klinik gigi bandung

Mengenal Lebih Dekat Hypoplasia dan Hypomineralization

Global Estetik – Anda mungkin harus mencari sumber dari Google untuk mengetahui tentang Hypoplasia dan Hypomineralization. Tetapi jika Anda telah melihat gambar diatas, Anda mungkin akan berkata, “Ya, saya pernah melihat itu kok sebelumnya.” Hipoplasia dan hipomineralisasi adalah dua kondisi gigi yang tampak sebagai lubang dan alur yang terlihat dalam enamel gigi — hipoplasia — atau bintik-bintik putih terang yang disebut hipomineralisasi.

Hypoplasia

Hipoplasia gigi muncul sebagai sebuah kecacatan pada perkembangan gigi susu atau permanen. Biasanya akan ada lubang dan lekukan yang terlihat mengganggu struktur gigi atau bagian yang hilang pada mahkota gigi.

Hypomineralization

klinik gigi depokHipomineralisasi, di sisi lain, berarti ada penurunan kandungan mineral enamel gigi. Jika masih dalam tahap ringan, maka bintik-bintik putih yang terkait dengan hipomineralisasi mungkin akan terlihat cukup samar. Pada kasus yang lebih parah, bintik-bintik ini akan sangat terlihat dan bahkan dapat membuat gigi terlihat hampir transparan. Hipomineralisasi menyebabkan enamel gigi melunak yang dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Hubungan dengan Penyakit Seliaka

Penyakit seliaka adalah kelainan autoimun yang bersifat herediter dan dapat menyebabkan kerusakan pada usus kecil ketika makanan dengan gluten dimakan. Gluten adalah protein yang biasanya ditemukan dalam gandum. Vili yang rusak di usus mencegah penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Meski sebagian besar pasien menunjukkan gejala seperti sakit perut, diare atau gangguan pencernaan saat menelan gluten, beberapa bahkan tidak memiliki gejala yang dapat dikenali.

Namun, sekarang telah ada bukti klinis yang menunjukkan bahwa kelainan gigi seperti hipoplasia dan hipomineralisasi dapat dihubungkan dengan penyakit ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 55 persen anak-anak dengan penyakit seliaka akan memiliki cacat enamel, dibandingkan dengan hanya 18 persen anak-anak tanpa penyakit ini. Oleh karena itu, dokter gigi di Global Estetik mungkin akan menjadi profesional perawatan kesehatan pertama yang mengenali perlunya pengujian terhadap potensi penyakit seliaka ini.

Mengobati Hypoplasia dan Hypomineralization

Anak-anak atau orang dewasa dengan hipoplasia dan hipomineralisasi mungkin memiliki masalah kosmetik yang terlihat pada beberapa gigi, selain juga sensitivitas dan peningkatan risiko kerusakan gigi. Oleh karena itu, evaluasi awal oleh dokter gigi akan disarankan. Dokter gigi di klinik gigi Global Estetik dapat merekomendasikan perawatan fluoride untuk membantu remineralisasi gigi dan memperkuat enamel. Penggunaan pasta gigi fluoride secara konsisten selama rutinitas kebersihan mulut di rumah adalah suatu keharusan bagi penderita masalah ini.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat