Mengenal Lebih Dekat tentang PLAK

Mengenal Lebih Dekat tentang PLAK

Global Estetik – Kamu mungkin pernah mendengar tentang gigi berlubang, tapi masalah lain mungkin bersembunyi di antara deretan gigi kamu. Gigi berlubang tidak terbentuk dengan sendirinya melainkan dimulai dengan penumpukan plak pada gigi. Plak gigi adalah lapisan lengket yang terbentuk di permukaan gigi setiap hari. Sebenarnya, plak mulai terbentuk begitu kamu mengonsumsi makanan atau cuma snacking. Plak kebanyakan terbentuk pada permukaan gigi tapi bisa juga terbentuk di bawah garis gusi.

Faktanya adalah, plak merupakan salah satu musuh terburuk buat kesehatan mulut kamu. Plak tidak hanya menciptakan lapisan tipis di atas gigi, tapi secara perlahan-lahan akan merusak atau memakan enamel gigi kamu. Enamel adalah permukaan gigi yang keras yang melindungi gigi dari pembusukan. Kalau kamu tidak bisa mengontrol dan menghilangkan plak, maka nantinya enamel gigi akan tidak dapat bekerja secara sempurna dan pada akhirnya resiko untuk terkena gigi berlubang semakin meningkat.

Penyebab Munculnya Plak

Ada banyak penjelasan untuk pertanyaan darimana asal muasal pembentukan plak pada gigi.  Pada dasarnya, plak membutuhkan bakteri, asam, air liur, dan partikel makanan untuk membentuk. Kamu mungkin berpikir mulut kamu bersih dan sehat, tapi saat kamuu mengonsumsi makanan bergula atau karbohidrat, makanan ini nantinya akan bercampur dengan bakteri alami di dalam mulut dan menciptakan asam. Campuran asam inilah dengan partikel air liur dan makanan, menghasilkan plak yang lengket pada permukaan gigi.

Plak gigi berwarna bening, jadi akan sangat sulit untuk melihatnya langsung. kalau kamu mau  melakukan pemeriksaan plak, yang perlu kamu lakukan adalah menggosok lidah sepanjang gigi kamu, terutama pada bagian belakang gigi . Biasanya, plak membuat gigi terasa kasar dan berlendir. Meskipun plak terjadi secara alami, kamu dapat menguranginya dan memperbaiki kesehatan mulut secara keseluruhan.

Cara Mencegah Munculnya Plak

Penting untuk menghilangkan plak sebelum mulai merusak enamel pada gigi. Satu-satunya cara untuk menghilangkan plak yang menempel pada gigi adalah dengan menyikat gigi secara teratur. American Dental Association (ADA) merekomendasikan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit, disarankan juga untuk melakukan floss sekali per hari untuk menghilangkan partikel makanan yang menempel di antara gigi . Tidak butuh waktu lama bagi terbentuknya plak setelah makan, jadi usahakan menyikat gigi setiap habis makan . Semakin sering kamu menyikat gigi, semakin sedikit plak yang tercipta di dalam mulut nantinya.

Sikat gigi elektrik telah terbukti paling efektif dalam menghilangkan plak ini merupakan ajuran dari British Dental Health Foundation. Sikat gigi ini memiliki bulu yang bergerak dalam dua arah, yang meningkatkan proses pembersihan. Pastikan juga untuk mengunjungi dokterr gigi pilihan anda secara teratur setiap enam bulan sekali. Dokter gigi nantinya akan memeriksa dan bila perlu akan membersihkan plak-plak dan krang gigi dengan menggunakan alat kesehatan gigi khusus

Plak akan selalu ada, namun kebiasaan dan kebersihan mulut yang baik dapat mencegah penumpukan plak. Seiring dengan rutin menyikat gigi, flossing, dan kunjungan gigi. Kamu bisa mengurangi plak dengan mengonsumsi makanan seimbang serta dengan mengurangi asupan gula dan karbohidrat.

Comment on "Mengenal Lebih Dekat tentang PLAK"

  1. […] Setiap orang memiliki bakteri di mulut mereka. Setelah makan atau minum makanan dengan gula, bakteri di mulut anda akan mengubah gula tersebut menjadi asam. Plak mulai terbentuk pada gigi anda segera setelah makan atau minum apapun yang manis. Inilah sebabnya mengapa menyikat gigi secara rutin sangat penting. Untuk mengetahui semuanya yang perlu anda ketahui tentang plak, kunjungi link artikel kami disini. […]

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat