Mengenal CBCT untuk Mendeteksi Karies Aproksimal

dokter gigi jakarta

Mengenal CBCT untuk Mendeteksi Karies Aproksimal

Global Estetik – Mengenal CBCT untuk Mendeteksi Karies Aproksimal-Global Estetik

Namun, untuk mendeteksi karies aproksimal ini berbeda dengan cara mendeteksi karies oklusal. Sebab karies aproksimal tidak bisa dideteksi secara visual. Untuk itulah dokter gigi harus dibantu oleh tanda demiralisasi dalam bentuk gambaran radiografi bitewing untuk menunjang pemeriksaan secara klinik, sebagai upaya deteksi awal karies aproksimal.

Sebelum anda mengetahui metode apa saja yang bisa dilakukan untuk deteksi karies aproksimal, maka ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan karies aproksimal. Karies aproksimal adalah karies yang terbentuk di permukaan halus diantara batas gigi. Biasanya lesi karies aproksimal ini bisa anda jumpai pada daerah antara titik kontak serta di atas margin gingiva bebas.

Mengenal CBCT untuk Mendeteksi Karies Aproksimal-Global Estetik
Mengenal CBCT untuk Mendeteksi Karies Aproksimal-Global Estetik

Tipe lesi ini tidak dapat dijumpai di bawah margin gingival, dengan demikian bisa dibedakan antara lesi karies dengan bagian servikal. Awal terbentuknya karies aproksimal ini dimulai dari adanya sisa makanan yang terjepit di sela gigi dan akhirnya menempel di permukaan email gigi, sehingga berakumulasi membentuk plak. Dimana plak tersebut menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang bisa merusak gigi.

Berdasarkan studi meta analisis terbaru diketahui, bahwa pemeriksaan viasual serta radiografi mempunyai spesifitas yang tinggi, tetapi sensitivitas yang rendah untuk mendeteksi awal dari karies aproksimal. Hal tersebut menunjukkan, bahwa metode konvensional mempunyai risiko terjadinya perkembangan lesi non kavitas sampai menyebabkan terjadinya kerusakan gigi irreversible sebelum lesi terdeteksi. Untuk itulah, berbagai metode untuk mendeteksi karies aproksimal diusulkan, termasuk salah satunya adalah CBCT atau Cone Beam Computed Tomography.

CBCT adalah modifikasi dari Medical-CT yang bisa menghasilkan gambar tiga dimensi. Berdasarkan beberapa hasil studi diketahui bahwa penggunaan CBCT bisa efektif dipakai dalam mendeteksi terjadinya karies email dan dentin. Bahkan bila dibandingkan dengan metode konvensional, metode tersebut hasilnya lebih optimal.

Bahkan CBCT juga menjadi standar emas untuk mendeteksi karies aproksimal karena metode ini mempunyai sensitivitas yang lebih tinggi dibandingkan metode konvensional. Perlu anda ketahui bahwa metode CBCT ini mempunyai biaya yang mahal sehingga metode ini sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat