Mengapa Sinus Lift Menjadi Penting dalam Proses Pemasangan Implan?

dokter gigi jakarta

Mengapa Sinus Lift Menjadi Penting dalam Proses Pemasangan Implan?

Global Estetik – Ada beberapa kasus ketika ada tulang yang tidak cukup untuk menempatkan implan gigi di lengkung atas di bagian belakang mulut. Seiring waktu, rongga sinus akan meningkat dalam ukuran dan terjadi keropos tulang. Ini sering dapat menyebabkan ketinggian tulang yang tidak mencukupi. Pengangkatan sinus adalah prosedur menambah tulang di lengkung atas tempat sinus berada; ini adalah tempat dasar rongga sinus berada pada titik terendah. Jika kedalaman tulang tidak mencukupi untuk mengambil implan, lantai rongga sinus akan diangkat untuk membuat kedalaman lebih.

Pengangkatan sinus dapat memungkinkan prosedur penempatan implan, sehingga memungkinkan orang dengan keropos tulang menikmati manfaat dari solusi jangka panjang untuk gigi mereka yang hilang atau rusak dengan menggunakan implan. Pemindaian CBCT 3D gigi dalam penilaian klinis akan menentukan apakah pengangkatan sinus diperlukan atau tidak.

Tingkat keberhasilan prosedur ini biasanya akan sangat tinggi jika pengangkatan sinus dilakukan oleh dokter gigi spesialis implan yang terlatih dan berpengalaman dan pastinya harus juga diikuti dengan instruksi perawatan yang ketat. Pengangkatan sinus adalah prosedur pembedahan yang kompleks dan bukannya tanpa risiko, jadi jangan pernah menyetujui pelaksanaan prosedur ini tanpa dokter dengan pelatihan yang sesuai.

Pengangkatan Sinus Eksternal

Pengangkatan sinus diperlukan pada orang yang memiliki dinding sinus sempit, sehingga tidak mungkin untuk menempatkan implan di daerah itu. Prosedur ini dilakukan sebelum atau selama pemasangan implan. Minimal 10mm tulang di area ini diperlukan untuk memastikan keberhasilan implan dalam jangka panjang. Biasanya metode lateral lateral sinus lift dilakukan ketika tulang berada pada kurang dari 7mm.

klinik gigi depok

Dalam prosesnya, sinus lifting melibatkan pembuatan flap di tulang rawan yang memisahkan sinus dari rongga mulut, dan membuka jendela lateral, kemudian mengangkat membran sinus dan menambah tulang dengan tulang baru di lengkungan atas, tempat sinus berada. Membran sinus kemudian diturunkan yang menjaga tulang pengganti di tempatnya sampai terintegrasi sepenuhnya dengan tulang alami. Membran kolagen ditempatkan dan flap kemudian dijahit. Setidaknya dibutuhkan lima hingga delapan bulan bagi tulang baru untuk berintegrasi dengan sempurna.

Pengangkatan Sinus Internal (Osteotome Summer’s Technique)

Teknik kedua dari prosedur pengangkatan sinus ini diberi nama sesuai dengan orang pertama yang merintis prosedur ini. Ketika tinggi tulang tidak cukup untuk menempatkan implan, tetapi cukup tinggi untuk memberikan stabilitas primer implan, Teknik Osteotome Summer dapat dipilih, di mana sinus diangkat dengan osteotom (lubang). Dalam beberapa kasus, bahan cangkok tulang juga kerap digunakan.

Akses ke rongga sinus akan dipilih melalui soket gigi yang kosong, di mana gigi yang telah hilang atau di mana ia baru saja diekstraksi. Tulang akan dibor sebagian dan kemudian lubang dibor untuk mendorong tulang di lantai sinus ke atas untuk menciptakan kedalaman yang diperlukan untuk memasukkan implan. Biasanya, prosedur internal langsung diikuti oleh penempatan implan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat