Global Estetik – Pagi-pagi setelah bangun tidur mulut terasa bau tidak sedap? tenang, Anda tidak sendirian. Bau napas dipagi hari sejatinya terjadi pada semua orang. Bau mulut datang saat matahari mulai terbit, ketika Anda menyikat dan menggosok gigi sebelum tidur, bahkan terlepas dari apa yang Anda makan sebelumnya.

Napas pagi yang busuk dihasilkan dari proses alami saat Anda tidur. Bangun dengan napas segar berbau mint mungkin tidak realistis, tetapi Anda dapat membantu mengendalikan faktor-faktor yang menyebabkan napas tak sedap dipagi hari.

Sebab

Penyebab bau nafas merupakan akibat dari bakteri alami yang hadir di mulut menyebabkan napas tak sedap setiap pagi. Mulut mengandung berbagai bakteri yang memulai proses pencernaan. Pada siang hari, air liur gerakan mulut normal berbicara, mengunyah mulut dan membersihkan sisa makanan. Produksi air liur berkurang selama tidur, mengeringkan mulut dan menurunkan oksigen yang tersedia. Bakteri anaerobik adalah bakteri yang tidak dapat hidup dengan oksigen, sehingga tumbuh subur saat mulut kering. Bakteri ini mencerna protein berlama-lama di mulut dari sisa makanan yang terjebak di antara gigi, air liur, lendir dan bahan elemen mulut lainnya.

Nafas Menjadi Bau Setelah Bangun Tidur- Global Estetik Dental Care

Nafas Menjadi Bau Setelah Bangun Tidur- Global Estetik Dental Care

Gas Sulfur

Kerusakan protein menciptakan gas sulfur hingga akibatnya, terjadilah bau mulut. Gas berbau busuk yang dihasilkan selama tidur menghilang setelah produksi air liur kembali, tulis F.L. Suarez dan rekannya dalam sebuah penelitian “Journal of Dental Research.” Studi mereka mengukur gas yang ada dalam napas delapan orang dewasa yang sehat saat bangun dan selama beberapa jam sesudahnya. Tiga jenis gas sulfur membentuk napas tak sedap di pagi hari, paling sering dihasilkan adalah hidrogen sulfat, meskipun jumlah gas bervariasi dari setiap orang. Mendengkur dan pernapasan mulut meningkatkan kekeringan mulut dan memperburuk nafas tak sedap di pagi hari.

Treatment

Setelah air liur meningkat saat bangun, para peneliti menulis, teknik-teknik lain yang menyegarkan napas membuat sedikit perbedaan dalam menghilangkan nafas tak sedap saat pagi. Terlepas dari apakah peserta penelitian menyikat gigi mereka, menggunakan obat kumur, makan sarapan atau hanya minum segelas air, gas belerang menurun pada tingkat yang sama selama jam pertama para peserta terjaga. Menyikat gigi memiliki efek minimal pada napas tak sedap. Suarez menyimpulkan, dengan membilas peroksida, hidrogen lebih efektif.

Pencegahan

Anda tidak dapat menghilangkan napas tak sedat di pagi hari karena itu adalah fungsi sederhana dari pengurangan air liur dan proliferasi sementara dari jenis bakteri tertentu. Napas tak sedap di pagi hari dapat dikurangi dengan kebersihan mulut yang baik, menghilangkan plak melalui pembersihan menyikat gigi secara teratur, flossing dan perawatan mulut secara professional dapat mengurangi sisa-sisa bakteri anaerobik.