Mengapa Muncul Tonjolan di Lidah Saya ? [Bagian Kedua]

Mengapa Muncul Tonjolan di Lidah Saya ? [Bagian Kedua]

Global Estetik – Papila fungiform adalah benjolan kecil yang terletak di bagian atas dan samping lidah anda. Warna mereka sama seperti lidah anda dan, dalam keadaan normal, tidak terlihat. Mereka memberi lidah kita tekstur kasar, yang membantu saat kita makan. Mereka juga mengandung sensor perasa dan pendeteksi suhu.

Papila bisa membesar karena berbagai alasan. Sebagian besar waktu, alasan ini tidak serius. Temui dokter anda jika benjolan itu terus-menerus, tumbuh atau menyebar, atau menyulitkan anda untuk makan.

Demam berdarah
Alasan Muncul Tonjolan di Lidah- Global Estetik Dental Care
Alasan Muncul Tonjolan di Lidah- Global Estetik Dental Care

Demam berdarah dapat dan bisa menghasilkan “lidah stroberi.” Kondisi ini membuat lidah menjadi merah, bergelombang, dan bengkak. Infeksi bakteri ini juga bisa menyebabkan ruam pada kulit dan demam tinggi. Demam Berdarah biasanya ringan dan bisa diobati dengan antibiotik. Komplikasi yang jarang terjadi meliputi pneumonia, demam akibat rematik, dan penyakit ginjal. Scarlet fever sangat menular sehingga harus ditanggapi dengan serius.

Glossitis

Glossitis adalah saat radang membuat lidah anda tampil halus ketimbang bergelombang. Ini mungkin akibat dari berbagai penyebab, termasuk reaksi alergi, merokok dan iritan lainnya, atau infeksi. Pengobatan tergantung penyebabnya. Temui dokter anda jika glossitis bersifat persisten atau berulang.

Kanker mulut
Alasan Muncul Tonjolan di Lidah- Global Estetik Dental Care
Alasan Muncul Tonjolan di Lidah- Global Estetik Dental Care

Sebagian besar benjolan di lidah tidak serius, tapi beberapa dapat bersifat kanker. Benjolan kanker biasanya muncul di sisi lidah dan bukan di bagian atas. Jenis kanker yang paling umum berkembang di lidah adalah karsinoma sel skuamosa.

Kanker mulut lisan muncul di bagian depan lidah. Benjolan itu mungkin berwarna abu-abu, pink, atau merah. Menyentuh bisa menyebabkan perdarahan. Kanker juga bisa terjadi di bagian belakang, atau alas lidah. Mungkin lebih sulit untuk dideteksi, terutama karena pada awalnya tidak ada rasa sakit. Masalah ini bisa menjadi sangat menyakitkan saat berlangsung.

Jika dicurigai kanker, dokter anda mungkin akan mengambil sampel jaringan untuk pemeriksaan di bawah mikroskop (biopsi). Pilihan pengobatan meliputi operasi, kemoterapi, dan radiasi, tergantung pada jenis dan stadium kankernya.

Trauma fibroma

Fibroma traumatis adalah pertumbuhan lidah yang halus dan merah muda yang disebabkan oleh iritasi kronis. Sulit untuk didiagnosis, jadi biopsi biasanya diperlukan. Pertumbuhan bisa diangkat dengan operasi, jika diperlukan.

Kista limfoepitel

Kista kuning lembut ini biasanya muncul di bawah lidah. Penyebabnya tidak jelas. Kista itu jinak dan bisa diangkat dengan operasi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat