Mengapa Minyak Kelapa Sangat Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut (Part 1)

Global Estetik – Minyak kelapa akhir-akhir ini mendapat banyak perhatian, dan untuk alasan yang bagus. Ini terkait dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan. Ada juga klaim bahwa minyak ini bisa membersihkan dan memutihkan gigi anda, sekaligus membantu mencegah kerusakan gigi. Artikel ini membahas penelitian terbaru tentang minyak kelapa, kesehatan gigi dan gigi anda.

Apa itu Minyak Kelapa?

Minyak kelapa adalah minyak edible yang diekstrak dari daging kelapa, dan merupakan salah satu sumber lemak jenuh terkaya di dunia. Namun, lemak kelapa unik karena dibuat hampir seluruhnya dari rantai trigliserida menengah (MCT). MCT dimetabolisme secara berbeda dari pada asam lemak rantai panjang yang banyak ditemukan pada makanan lain, dan memiliki banyak manfaat kesehatan potensial.

Manfaat Minyak Kelapa untuk gigi- Global Estetik Dental Care
Manfaat Minyak Kelapa untuk gigi- Global Estetik Dental Care

Asam laurat adalah asam lemak rantai menengah yang membentuk hampir 50% minyak kelapa. Faktanya, minyak ini merupakan sumber asam laurat terkaya yang diketahui manusia. Tubuh Anda memecah asam laurat menjadi senyawa yang disebut monolaurin. Kedua asam laurat dan monolaurin bisa membunuh bakteri berbahaya, jamur dan virus dalam tubuh.

Baca Juga :  Gejala-Gejala dari TMJ yang Kadang Tidak Kita Sadari

Menurut penelitian, asam laurat lebih efektif membunuh patogen ini daripada asam lemak jenuh lainnya. Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan minyak kelapa secara langsung disebabkan oleh asam laurat. Cara yang paling populer untuk menggunakan minyak kelapa untuk gigi anda adalah dalam proses yang disebut “menarik minyak” (oil pulling), atau membuat pasta gigi dengannya.

Asam laurat dapat membunuh bakteri mulut yang berbahaya

Satu penelitian menguji 30 asam lemak berbeda dan membandingkan kemampuan mereka melawan bakteri. Dari semua asam lemak, asam laurat adalah yang paling efektif. Asam laurat menyerang bakteri berbahaya di mulut yang bisa menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi dan penyakit gusi. Ini sangat efektif untuk membunuh bakteri mulut yang disebut Streptococcus mutans, yang merupakan penyebab utama kerusakan gigi.

Bisa Mengurangi Plak dan Memerangi Penyakit Gum
Manfaat Minyak Kelapa untuk gigi- Global Estetik Dental Care
Manfaat Minyak Kelapa untuk gigi- Global Estetik Dental Care

Penyakit gusi, juga dikenal sebagai radang gusi, melibatkan peradangan pada gusi. Penyebab utama penyakit gusi adalah penumpukan plak gigi akibat bakteri berbahaya di mulut. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menurunkan penumpukan plak pada gigi dan melawan penyakit gusi.

Baca Juga :  Inilah Bahaya yang Mengancam Secara Bertahap Jika Anda Tidak Periksa Gigi Secara Rutin

Dalam sebuah penelitian, oil pullong dengan minyak kelapa secara signifikan menurunkan penumpukan plak dan tanda radang gusi pada 60 peserta dengan penyakit gusi akibat plak. Terlebih lagi, penurunan plak yang signifikan terlihat setelah hanya 7 hari oil pulling dilakukan, dan plak terus menurun selama masa studi 30 hari. Setelah 30 hari, skor rata-rata plak menurun sebesar 68% dan rata-rata skor gingivitis menurun sebesar 56%. Ini adalah penurunan besar pada peradangan plak dan peradangan gusi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat