Mengantisipasi Masalah Gigi yang Tidak Rata

dokter gigi bandung

Mengantisipasi Masalah Gigi yang Tidak Rata

Global Estetik -Sudah banyak yang menganggap kalau gigi tidak rata hanya bisa mengganggu penampilan saja. Padahal, gigi tidak rata bisa menimbulkan kesulitan gigi sebagai fungsi optimal. Keadaan yang cukup berat, gigi yang tidak rata bisa menimbulkan berbagai keluhan, seperti bernapas menggunakan mulut, kesulitan mengunyah makanan, kelainan struktur gigi, dan bentuk wajah (asimetris, dan kesulitan bicara.

Penyebab gigi tidak rata bisa dikarenakan turunan lintas generasi, yang mungkin dipengaruhi faktor anatomis rahang dan berkaitan dengan faktor genetik. Selain itu, bisa karena pemakainan dot bayi terlalu lama atau menghisap ibu jari ketika masih anak-anak. Kondisi atau kebiasaan yang bisa mengubah bentuk dan sttuktur gigi, antara lain:

  • Cidera yang membuat susunan rahang tidak rata.
  • Tumor yang tumbuh di rahang.
  • Tindakan perawatan gigi yang buruk karena dilakukan oleh tenaga medis yang tidak/kurang berkompeten.
  • Bakal gigi yang terganggu jalan tumbuhnya atau impaksi, umumnya gigi bungsu.
  • Kondisi rahang atau hidung tidak menyatu dengan sempurna (bibir sumbing).

Struktur gigi dan rahang sebenarnya saling memengaruhi, inilah penyebab susunan dan bentuk gigi setiap orang berbeda-beda. Gigi tidak rata bisa mengubah susunan dan fungsi normal katupan rahang. Kondisi gigi tidak rata yang disertai dengan gangguan pada katup rahan akan mengubah posisi dan mempersulit fungsi atau maloklusi.

dokter gigi depokMaloklusi bisa terjadi ketika kondisi struktur barisan gigi atas dan bawah tidak rapi, memiliki jarak, atau saling menumpuk. Nah, susunan gigi di rahang atas, dalam kondisi normal seharusnya sedikit mendahului barisan gigi di bawah sehingga gigi geraham atas dan bawah menutup sempurna.

Deteksi dini terhadap maloklusi akan membantu mengurangi tingkat ganguan akibat gigi tidak rata. Kebiasaan menghisap ibu jari saat masih bayi bisa meningkatkan risiko maloklusi. Jika Anda sudah memiliki buah hati, hentikan kebiasaan tersebut dengan mengalihkan perhatian si kecil dengan kegiatan lainnya. Anda bisa mengonsultasikannya ke dokter gigi, jika perlu dokter gigi spesialis ortodonti jika gigi anak Anda tidak rata atau kelainan struktur rahang.

Dokter gigi akan memeriksa gigi dan foto rontgen panorama guna melihat struktur gigi dan rahan atas secara jelas. Pemasangan kawat gigi sekarang memang jauh dari kesan menyakitkan. Namun, kawat gigi tetap memberikan rasa tidak nyaman kepada anak. Maka, jauhkanlah anak Anda dari makanan yang teksturnya terlalu keras, lengket, dan kenyal ketika masih menggunakan kawat gigi.

Penanganan gigi tidak rata kepada orang dewasa pun bergantung dari hasil diagnosis. Penanganan gigi tidak rata pada orang dewasa, seperti:

  • Pencabutan gigi jika susunan gigi tidak rapi atau terlalu padat.
  • Pasang kawat gigi.
  • Pemasangan alat penahan posisi gigi (retainer) yang bisa dilepas dan dipasang.
  • Operasi untuk kasus yang sulit, jika rahang atas mendahului rahang bawah (overbite) atau kondisi rahang bawah lebih maju dari rahang atas (underbite).

Jika Anda sudah mengetahui kondisi gigi si buah hati, silakan konsultasikan ke dokter gigi Bandung di klinik Global Estetik utuk mendapatkan rekomendasi penanganan gigi yang tidak rata.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat