Menerka Minat Publik pada Asuransi Kesehatan Gigi, Perlu Ga Sih Asuransi ? – Part 1

Global Estetik – Pertanyaan ini mungkin jarang terdengar di Indonesia, karena memang pilihan produk dan provider asuransi yang mengcover kesehatan gigi tidak melakukan promosi segencar mereka melakukan promosi dalam kesehatan bagian tubuh lainnya. Berdasarkan penelitian kesehatan dasar Kementerian Kesehatan, masalah gigi dan mulut meningkat sebesar 25,9 persen pada 2013, dan diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya [kompas].

Dari hasil penelitian ini, kita juga dapat menyimpulkan bahwa masalah yang paling sering muncul dan mengganggu publik di Indonesia adalah masalah dengan gigi sensitif, berlubang dan masalah dengan gingivitis atau penyakit yang berhubungan dengan gusi dan plak. Namun sayangnya, meski dengan masalah yang telah menahun seperti ini, perhatian masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut masih sangat rendah.

Asuransi Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Asuransi Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Kunjungan pemeriksaan dua kali setahun terus diabaikan dan jauh dari merupakan kebiasaan rutin di negeri ini, kesehatan gigi masih dilihat sebagai pilihan tersier yang hanya perlu dilakukan oleh segelintir orang saja, dan hal inilah yang membuat coverage terhadap asuransi kesehatan gigi sangat rendah dan minim peminat.

Kita semua tahu dampak dari buruknya kesehatan gigi dan mulut pada tubuh kita, selain sensasi sakit gigi yang sering dikaitkan dengan sakit hati (lirik lagu dangdut terkenal di era 90-an), masalah pada gigi dan mulut membawa lebih dari sekedar masalah pada mulut, namum dampaknya juga akan sangat mematikan.

Penelitian dari American Dental Hygienist Association menunjukkan hubungan antara penyakit gusi dan kondisi seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Ketiga penyakit itu, berdasarkan perkiraan Badan Kesehatan Dunia (WHO) akan menjadi penyebab utama kematian tertinggi di negara-negara berkembang pada 2020. Ketiga penyakit itu, berdasarkan perkiraan Badan Kesehatan Dunia (WHO) akan menjadi penyebab utama kematian tertinggi di negara-negara berkembang pada 2020[kompas].

Dengan resiko yang semakin meninggi, perawtan kesehatan gigi yang rutin akan menjadi cara terampuh dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk kedepannya, dan kehadiran asuransi kesehatan gigi yang meng-cover banyak dari pilihan perawatan mungkin akan menjadi primadona baru dalam market asuransi kesehatan gigi. Perlu diakui memang saat ini hanya sedikit pilihan proteksi yang benar-benar memberi perhatian besar untuk kesehatan gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat