Mendeteksi TMJ Melalui Brain Scan

Mendeteksi TMJ Melalui Brain Scan

Global Estetik – Ada beberapa orang yang akan memberitahu bahwa gangguan sendi temporomandibular (TMJ) adalah kondisi khayalan. Beberapa yang lain akan mengatakan bahwa dokter gigi neuromuskular tidak mampu mengobatinya, bahwa splint oral, misalnya, bukanlah pengobatan yang efektif. Namun, sekarang, sebuah penelitian baru telah menggunakan pemindaian otak (brain scan) untuk menunjukkan keefektifan oral splint dalam mengurangi nyeri rahang yang terkait dengan TMJ.

Melihat Nyeri di Otak

Studi baru ini menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI) untuk melihat status otak pasien untuk melihat dampak TMJ pada otak mereka dan bagaimana dampak itu dapat dikurangi dengan menggunakan splint oral. Studi ini mengamati 14 orang dengan TMJ ringan (atau, sebagaimana para peneliti menyebutnya, gangguan craniomandibular (CMD).

Mendeteksi TMJ- Global Estetik Dental Care
Mendeteksi TMJ- Global Estetik Dental Care

Setiap subjek memiliki otak yang telah di-scan sebelum perawatan, kemudian setelah dua minggu perawatan dengan oral splint. Ketegangan di otot rahang mereka diukur sebelum dan sesudah perawatan. Mereka juga ditanya tentang rasa sakit mereka sebelum dan sesudah perawatan.

Pengaruh Perawatan

Perawatan dengan splint oral menghasilkan pengurangan nyeri yang signifikan dan penurunan ketegangan otot di otot rahang. Terapi splint oral juga berdampak signifikan pada scan otak subjek uji. Ketika subjek telah menggunakan oral splint selama dua minggu, mereka mengalami penurunan aktivitas yang signifikan di insula anterior kanan dan daerah motor cerebellar.

Para peneliti menghubungkan penurunan ini dengan pembebasan sumber daya tubuh karena insula anterior adalah bagian otak yang bertugas memantau keadaan internal tubuh. Mereka juga mencatat bahwa peningkatan simetri gerakan rahang dikaitkan dengan penurunan kebutuhan sumber daya otak selama gerakan rahang normal.

Efektivitas Terapi TMJ

Studi ini menunjukkan lagi bahwa terapi TMJ, termasuk oral splint dan bentuk perawatan lain yang ditujukan untuk memposisikan kembali rahang, dapat mengarah pada perbaikan kondisi yang signifikan dan terukur dari pasien yang menderita TMJ.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat