Mencegah Timbulnya Gigi Berlubang pada Pasien Anak-Anak

klinik gigi jakarta

Mencegah Timbulnya Gigi Berlubang pada Pasien Anak-Anak

Global Estetik – Jika Anda adalah seorang orang tua, Anda mungkin tidak menyadari bahwa molar permanen pertama anak Anda akan tumbuh ketika ia berusia sekitar 6. Karena gigi-gigi ini harus bertahan selama sisa hidup mereka, akan sangat penting untuk mencegah perkembangan rongga yang membutuhkan perawatan gigi yang intensif untuk diperbaiki. Ini menjadi hal penting terutama karena beberapa langkah pencegahan dasar dapat menjaga gigi-gigi ini dari kebutuhan perawatan tersebut.

Anda mungkin sudah menyadari betapa pentingnya membatasi konsumsi gula, menyikat gigi dan flossing, serta menjadwalkan pemeriksaan dengan dokter gigi di Global Estetik. Namun Anda mungkin sedikit kurang paham dengan pentingnya sealant gigi. Pastikan terus membaca artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang prosedur sederhana ini dan bagaimana sealant dapat mencegah anak dari masalah gigi berlubang.

dokter gigi bandungMenyikat dan membersihkan gigi masih akan terus menjadi dasar bagi kesehatan mulut yang baik. Tetapi gigi geraham memiliki semacam “cacat desain” yang membuatnya agak sedikit lebih sulit dalam proses pembersihannya. Gigi-gigi ini dibuat untuk mengunyah makanan yang keras, sehingga mereka memiliki permukaan mengunyah yang rata yang mengandung banyak lubang dan alur. Sayangnya, bulu sikat gigi biasanya terlalu besar untuk masuk ke alur-alur  kecil ini selama proses pembersihan. Itulah sebabnya, bahkan ketika kebiasaan menyikat gigi seorang anak telah sangat baik, bakteri penyebab plak dan rongga tetap ada di permukaan gigi ini dan menyebabkan masalah pada gigi.

Sealant Gigi

Sealant gigi adalah lapisan yang sangat tipis dan kuat yang menutup lubang dan alur molar untuk melindunginya dari bakteri mikroskopis. Sealant menciptakan permukaan yang halus pada permukaan mengunyah yang jauh lebih mudah untuk dibersihkan ketimbang permukaan yang kasar dan berlubang yang secara alami ada di sana. Bahan yang digunakan akan berwarna natural gigi sehingga tidak akan muncul saat anak Anda tersenyum. Set pertama sealant direkomendasikan pada usia 6 ketika molar permanen pertama tumbuh, dan set kedua direkomendasikan pada sekitar usia 12 tahun ketika molar permanen kedua tumbuh.

Lantas, Seperti Apa Prosedurnya?

Memiliki sealant akan lebih efektif dan ekonomis ketimbang menggunakan tambalan dimana proses ini tidak memerlukan anestesi apa pun. Berikut langkah-langkah dasarnya:

  • Pertama, gigi dibersihkan secara menyeluruh dan dikeringkan.
  • Solusi diterapkan selama 15 detik untuk mempersiapkan gigi.
  • Solusinya kemudian dibilas dan gigi dikeringkan lagi sebelum lapisan tipis bahan sealant ditempatkan pada permukaan untuk mengunyah.
  • Lampu curing khusus akan diterapkan selama 15-20 detik lagi untuk mengeraskan sealant dan menempelkannya ke gigi.
  • Ketika sealant selesai, dokter gigi di Global Estetik akan memastikan gigitannya terasa normal dan akan membuat penyesuaian kecil seperlunya.

Sealant adalah mode pencegahan yang kecil namun efektik. Prosedur ini pada akhirnya diharapkan akan dapat mengurangi jumlah perawatan yang dibutuhkan anak Anda selama masa hidup mereka dan menjauhkan mereka dari masalah krusial di masa depan!

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat