Cara Terbaik Mencegah Gigi Tumbuh Berantakan Sejak Dini

klinik gigi depok Mencegah Gigi Tumbuh Berantakan Sejak Dini

Cara Terbaik Mencegah Gigi Tumbuh Berantakan Sejak Dini

Global Estetik – Penting untuk mengawasi pertumbuhan gigi permanen dan mencegah gigi tumbuh berantakan sejak dini. Caranya bagaimana? Harus mengetahui waktu pertumbuhannya dan tanda-tanda pertumbuhannya. Gigi susu selain berfungsi membantu anak mencerna makanan yang halus, berfungsi juga sebagai guidenya atau penunjuk arah pertumbuhan si gigi permanen. Gigi susu yang sudah mengalami kegoyangan menandakan gigi permanen siap tumbuh dan gigi susu segera ditanggalkan.

Cara Mudah Mencegah Gigi Tumbuh Berantakan Sejak Dini
  1. Jangan biarkan gigi susu tanggal sebelum waktunya

Sebelum waktunya gigi permanen tumbuh dan menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh jangan sampai gigi susu tanggal. Karena gigi susu merupakan jalan untuk si gigi permanen tumbuh pada posisi yang tepat. Bila tidak ada gigi susu, gigi permanen akan kehilangan arah yang tepat dan dapat saja tumbuh pada posisi yang salah lalu menyebabkan gigi berjejal dan berantakan.

  1. Jangan biarkan gigi susu menghalangi pertumbuhan gigi permanen

Mencegah Gigi Tumbuh Berantakan Sejak DiniArtinya begini, bila gigi permanen sudah waktunya tumbuh dan menimbulkan tanda-tanda berupa kegoyangan pada gigi susu, segeralah lakukan pencabutan pada gigi susu tersebut. Karena gigi permanen sudah menemukan posisinya dan siap untuk muncul di permukaan. Tapi bila masih terhalang gigi susu, maka pertumbuhannya bisa jadi di belakang gigi susu atau di depan gigi susu.

  1. Hindari penyebab gigi susu berlubang

Pada anak-anak biasanya terjadi kerusakan pada gigi depannya dan gigi geraham. Kerusakan gigi susu dapat saja meyebabkan gigi tersebut harus dihilangkan karena menimbulkan penyakit. Sehingga akan terjadi seperti pada no.1. Permen susu dan makanan atau minuman yang manis-manis dan bersifat asam dapat menyebabkan gigi berlubang.

  1. Hentikan kebiasaan buruk

Bila dari kecil anak-anak suka menggigit-gigit sesuatu dan suka menghisap ibu jari, maka pada fase gigi bercampur dimana gigi permanen sudah mulai tumbuh, hentikan kebiasaan itu. Karena menyebabkan gigi merubah posisinya akibat tekanan dari benda-benda asing.

  1. Periksakan keadaan gigi si anak

Ada atau tidak ada kelainan ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Tujuannya adalah mencegah bila ada hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan gigi.

Mencegah gigi tumbuh berantakan sejak dini dari umur anak-anak lebih baik dilakukan karena tidak memerlukan tidakan yang lebih. Bila pada umur dewasa baru sadar dan ingin memperbaiki susunan gigi, tindakan yang dapat dilakukan adalah pemasangan kawat gigi atau perawatan yang lainnya. Sehingga membutuhkan biaya dan waktu lebih.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat