Mencabut Gigi Rahang Atas Dapat Menyebakan Kebutaan. Mitos Atau Fakta?

mencabut gigi rahang atas klinik gigi bandung

Global Estetik – Mencabut gigi rahang atas mungkin kedengaran biasa saja. Atau tidak? Pernahkah Anda mendengar bahwa mencabut rahang atas dapat menyebabkan kebutaan? Seringkalinya beberapa orang mengatakan efek mengerikan saat ada yang berencana mencabut gigi khususnya gigi rahang atas. Kabarnya mencabut gigi rahang atas dapat menyebabkan kebutaan permanen, bahkan kasus terburuknya bisa mengalami kematian. Mitos ataukah fakta?

Drama Mencabut Gigi Rahang Atas

Sebenarnya anggapan bahwa kebutaan yang disebabkan mencabut gigi rahang atas tidak sepenuhnya benar. Bahkan ahli medis tidak pernah menyatakan hal tersebut. Hanya saja ada kondisi tertentu yang memungkinkan efek buruk tersebut bisa saja menimpa Anda.

Misalnya saja jika Anda mengalami infeksi pada gigi rahang atas dan tidak kunjung diobati. Kasus tersebut menyebabkan komplikasi yang bisa saja menjalar hingga daerah saraf mata. Terlebih untuk penderita penyakit sistemik seperti gangguan autoimun ataupun diabetes mellitus. Jika penderita penyakit tersebut mengalami infesi gigi, nanah dari infeksi gigi dapat menekan bagian bawah mata dan membuka kemungkinan kebutaan pada mata.

mencabut gigi rahang atas dokter gigi depokKemungkinan buruk tersebut tentu dapat diatasi dengan cara merawat gigi dengan baik. Jika gigi Ada berlubang, utamanya jika yang berlubang adalah gigi rahang atas, segera periksakan ke dokter gigi. Dokter gigi nantinya akan melihat kondisi gigi Anda dan menentukan langkah selanjutnya.

Jika belum terlalu parah, dokter akan melakukan perawatan gigi seperlunya. Sebaliknya jika sudah terjadi infeksi, dokter gigi akan menyarankan untuk mencabutnya agar tidak terjadi komplikasi ke jaringan sekitar mata dan menjalar ke daerah mata.

Sebelum melakukan pencabutan, dokter akan memeriksa kondisi pasien terlebih dahulu dari tekanan darah, suhu badan, dan riwayat penyakit. Pemeriksaan tersebut yang akan menentukan apakah pasien cukup aman dilakukan pencabutan gigi atau tidak. Kalau dinilai aman, pencabutan gigi akan dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar. Dengan begitu, Anda tidak lagi khawatir dengan kemungkinan efek kebutaan yang dikatakan oleh banyak orang.

Itulah sebabnya permasalahan sakit gigi atau mulut harusnya ditangani oleh dokter gigi secara langsung. Banyaknya kabar mengenai efek mengerikan saat mencabut gigi muncul sebab adanya kasus tertentu dalam masyarakat. Bisa jadi kasus tersebut terjadi di praktek illegal yang menawarkan biaya yang lebih terjangkau. Anda tentunya sudah bisa menentukan pilihan terbaik untuk kesehatan diri Anda bukan?

Rawat gigi Anda dengan baik dan rutin lakukan pemeriksaan ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Jangan sampai Anda menunggu sampai gigi Anda mengalami masalah.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat