MEMBERSIHKAN KARANG GIGI DI PUSKESMAS BOGOR

 

 

Inilah prosedur membersihkan karang gigi di puskesmas

Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor – Salah satu cara menjaga kebersihan gigi dan mulut selain dengan menggosok gigi dengan sikat gigi dengan cara yang benar adalah membersihkan karang gigi dengan scaling gigi. Kamu tidak perlu pergi ke dokter, karena scaling gigi bisa dilakukan di Puskesmas terdekat yang ada di bogor. Pertimbangan lain kenapa di puskesmas adalah membersihkan karang gigi di puskesmas cenderung lebih murah.

 

membersihkan karang gigi di puskesmas bogor

membersihkan karang gigi di puskesmas bogor

 

Agar mendapat perawatan gratis di puskesmas, ada prosedur yang harus diikuti

Membersihkan karang gigi di puskesmas terdekat – Jika kamu merupakan pasien peserta BPJS Kesehatan maka bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama tenaga medisnya adalah bisa dari dokter gigi di Puskesmas, dokter gigi yang ada di klinik, dan dokter gigi yang membuka praktek mandiri. Sedang Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan tenaga medisnya dari dokter gigi spesialias atau sub spesialis.

Prosedur membersihkan karang gigi di Puskesmas:

  1. Melakukan pendaftaran

Apabila pasien memilih puskesmas sebagai fasilitas kesehatan pertama, tentunya pasien akan mendapatkan perawatan gigi dari dokter gigi yang menjadi jaringan dari puskesmas tersebut. Jika pasien menginginkan penggantian fasilitas kesehatan dokter gigi bisa saja atau diperbolehkan minimal setelah terdaftar 3 (tiga) bulan di fasilitas kesehatan tersebut.

  1. Datang ke faskes pertama

Pada fasilitas kesehatan9 (faskes) pertama, peserta wajib melengkapi proses administrasi dengan dibuktkan dengan kartu BPJS Kesehatan yang masih aktif. Kemudian faskes akan melakukan pengecekan validitas kartu tersebut, kemudian langsung dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan tindakan pertolongan terhadap pasien. Pada tahap ini, pasien BPJS dapat melakukan scaling gigi untuk membersihkan karang gigi.

 

Pembersihan karang gigi tidaklah menyakitkan

Bersihkan karang gigi di puskesmas – Untuk sebagian orang proses pembersihan karang gigi mungkin saja terdengar menakutkan. Sebenarnya prosedur ini termasuk aman juga tidak menimbulkan rasa sakit tetapi sedikit ngilu walaupun hanya sebentar. Bila anda rajin melakukan pembersihan karang gigi dapat bermanfaat dalam menyehatkan gigi dan mulut, juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Awal mula karang gigi terbentuk karena penumpukan plak gigi yang dibiarkan terlalu lama hingga menjadi tebal dan mengeras. Salah satu faktor risiko terbesar yang menyebabkan terbentuknya karang gigi karena kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Jika karang gigi anda dibiarkan begitu saja dan tidak segera dilakukan pembersihan, maka bisa dampaknya bisa menimbulkan peradangan pada jaringan gigi dan gusi. Bahkan bila berkelanjutan kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Untuk menghindari bahaya yang terjadi, maka pembersihan karang gigi perlu dilakukan oleh dokter gigi menggunakan teknik scaling.

 

jasa membersihkan karang gigi di puskesmas bogor

jasa membersihkan karang gigi di puskesmas bogor

 

Bagaiana proses pembersihan karang gigi

Membersihkan karang gigi di puskesmas berapa –  Pembersihan karang gigi atau scaling gigi merupakan mekanisme yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan karang yang menempel pada gigi. Sebelum dilakukan mekanisme pembersihan karang gigi, dokter gigi akan melakukan pertanyaan seputar riwayat kesehatan pasien, bagaimana si pasien merawat gigi, dan obat-obatan apa saja yang sedang dikonsumsi. Ini dilakukan untuk mencegah berbagai risiko yang mungkin saja bisa terjadi.

Agar kamu tidak merasa takut untuk melakukan scaling gigi, baiknya ketahui langkah perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi berikut ini yukk:

  1. Diawali dengan pemeriksaan rongga mulut

Merupakan langkah awal pembersihan gigi atau scaling gigi, dokter gigi akan memeriksa kondisi mulut pasien secara keseluruhan dan mengidentifikasi dimana lokasi plak dan karang gigi berada dengan bantuan cermin kecil khusus.

  1. Dokter melakukan proses anestesi lokal

Ini merupakan keingina dari pasien, dokter bisa memberikan anestesi lokal pada pasien untuk menghilangkan rasa tidak nyaman ataupun linu yang mungkin saja terjadi selama proses scaling gigi ini berlangsung. Pemberian anestesi ini sebenarnya tidak begitu dibutuhkan, namun anda bisa diskusikan dengan dokter gigi anda bila merasa khawatir akan terjadinya kesakitan.

  1. Pembersihan karang gigi

Dokter gigi mulai melakukan pembersihan karang gigi di permukaan gigi menggunakan alat pengikis elektrik yang disebut ultrasonic scaler. Alat scalling gigi ini menggunakan gelombang ultrasonik yang dapat mengeluarkan getaran untuk menghempaskan karang gigi pada gigi anda. Bila tingkat karang gigi sudah parah dokter juga akan membersihkan hingga ke bawah gusi menggunakan alat manual.

Mekanisme pembersihan karang gigi mungkin akan terasa sedikit ngilu akibat gesekan alat pengikis dengan gigi. Namun, tidak peru khawatir karena umumnya ini tidak terlalu mengganggu. Mekanisme pembersihan karang gigi bisa berlangsung cepat maupun lama, ini tergantung pada tingkat keparahan karang gigi yang ada pada pasien.

  1. Menyikat gigi menggunakan sikat gigi khusus

Setelah selesai dan rongga mulut dinyatakan bersih dari karang gigi, kemudian dokter gigi akan menyikat gigi pasien menggunakan sikat gigi khusus yaitu sikat gigi elektrik. Tahap ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa karang gigi yang tidak terangkat oleh ultrasonic scaler dan membuat mulut terasa lebih segar.

  1. Penggunaan benang gigi

Tahapan selanjutnya, dokter gigi kemungkinan akan membersihkan sisa plak yang menempel di celah-celah gigi anda menggunakan benang gigi. lngkah ini dilakukan untuk membuat gigi anda benar-benar bersih dan terbebas dari kotoran yang terselip di antara gigi.

  1. Pembilasan

Setelah seluruh proses scaling sudah selesai, pasien diminta untuk membilas mulut dengan cara berkumur menggunakan cairan yang mengandung fluoride. Tahap akhir ini dilakukan sebagai perawatan penutup.

 

Apakah gratis pembersihan karang gigi di puskesmas?

Sekarang ini, hampir semua rumah sakit, klinik, maupun puskesmas telah melayani perawatan pembersihan karang gigi. Bila kamu adalah peserta BPJS Kesehatan, maka berhak mendapatkan pelayanan pembersihan gigi secara gratis sebanyak satu kali dalam setahun. Bila tanpa BPJSpun biaya membersihkan karang gigi pun saat ini tidak begitu mahal.

 

Apakah dampak dari membersihkan karang gigi?

Harga membersihkan karang gigi di puskesmas – Mengapa kita disarankan untuk memeriksakan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali?.. karena dalam durasi setiap 6 bulan sekali dokter bisa melihat apakah gigi pasien sudah ada yg berlubang apa tidak, kemudian apakah ada karang gigi apa tidak.

Biskah membersihkan karang gigi di puskesmas – Secara teoritis pembentukan karies (lubang) dan kalkulus (karang gigi) itu dalam 6 bulan, itulah kenapa kamu dianjurkan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. karang gigi merupakan sisa sisa makanan (debris) yg lama kelamaan mengeras dan menebal yang akhirnya menjadi karang gigi. Jika karang gigi ini dibiarkan terus menerus dalam waktu yang lama, yg awalnya karang gigi ini muncul pada permukaan gigi, lalu bisa masuk ke dalam gusi dan akan merusak tulang yg sebagai penyangga gigi. Gejala awalnya gusi akan kemerahan, bengkak, kemudian gusinya mengalami penurunan, lalu giginya goyah. Jadi manfaatnya membersihkan karang gigi adalah menyelamatkan gigi anda, menyelamatkan tulang penyangga, dan mencegah bau mulut tentunya. Jadi dampak disini lebih ke manfaat yang kita dapat bukan resiko yang kita dapat.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof