Masalah yang Umum Terjadi dalam Kesehatan Gigi

dokter gigi bandung

Masalah yang Umum Terjadi dalam Kesehatan Gigi

Global Estetik – Karies, atau gigi berlubang, adalah penyakit yang dapat dicegah. Sementara karies mungkin tidak membahayakan hidup, mereka dapat berdampak negatif terhadap kualitas hidup. Ketika gigi dan gusi secara konsisten terdampak sejumlah besar pati dan gula, asam dapat terbentuk yang akhirnya mulai menggerogoti enamel gigi.

Makanan yang kaya karbohidrat seperti permen, biskuit, minuman ringan, dan bahkan jus buah meninggalkan sisa-sisa pada gigi. Deposit tersebut mengikat dengan bakteri yang biasanya bertahan di mulut dan membentuk plak. Kombinasi deposit dan plak membentuk asam yang dapat merusak struktur mineral gigi.

Gigi Sensitif
Masalah yang Umum Terjadi dalam Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Masalah yang Umum Terjadi dalam Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Gigi daoat mengembang dan berkontraksi sebagai reaksi terhadap perubahan suhu. Makanan dan minuman panas dan dingin dapat menyebabkan rasa sakit atau iritasi pada orang-orang dengan gigi sensitif. Seiring waktu, enamel gigi dapat menjadi aus, gusi dapat menjadi surut atau gigi dapat mengalami retakan mikroskopis, memperlihatkan bagian dalam gigi dan ujung saraf yang sangat sensitif. Hanya menghirup udara dingin bisa menyakitkan bagi mereka dengan gigi yang sangat sensitif.

Penyakit gusi

Gusi, atau periodontal, penyakit dapat menyebabkan peradangan, kehilangan gigi, dan kerusakan tulang. Penyakit gusi dimulai dengan film bakteri yang disebut plak. Gusi pada tahap awal penyakit, atau gingivitis, dapat mudah berdarah dan menjadi merah dan bengkak. Ketika penyakit berkembang menjadi periodontitis, gigi bisa rontok atau perlu diangkat oleh dokter gigi. Penyakit gusi sangat dapat dicegah dan biasanya dapat dihindari dengan penyikatan dan flossing harian. Salah satu indikator penyakit gusi adalah bau mulut yang konsisten atau rasa tidak enak di mulut.

Bau mulut (halitosis)
Masalah yang Umum Terjadi dalam Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Masalah yang Umum Terjadi dalam Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Menyikat gigi setiap hari membantu mencegah penumpukan partikel makanan, plak, dan bakteri di mulut. Partikel makanan yang tersisa di mulut akan memburuk dan menyebabkan bau mulut. Sementara makanan tertentu, seperti bawang putih atau teri, dapat menciptakan bau mulut sementara, bau mulut yang konsisten dapat menjadi tanda penyakit gusi atau masalah gigi lainnya.

Sariawan

Sariawan (aphthous ulcers) adalah luka kecil di dalam mulut yang sering kambuh. Umumnya berlangsung satu atau dua minggu, durasi sariawan dapat dikurangi dengan penggunaan obat kumur antimikroba atau agen topikal. Sariawan memiliki dasar putih atau abu-abu yang dikelilingi oleh perbatasan yang berwarna merah.

Masalah Ortodontik

Gigitan yang tidak duduk benar (maloklusi) dapat diwariskan. Beberapa penyebab maloklusi termasuk gigi yang hilang atau ekstra, gigi yang penuh sesak atau rahang yang tidak sejajar. Kecelakaan atau masalah perkembangan, seperti menghisap jari dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan maloklusi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat