Masalah Kesehatan Gigi yang Disebabkan oleh Konsumsi Alkohol

Masalah Kesehatan Gigi yang Disebabkan oleh Konsumsi Alkohol

Global Estetik – Manusia telah memiliki hubungan yang baik dengan alkohol sejak zaman kuno. Terlepas apakah itu bir, anggur atau alkohol, semua minuman keras adalah obat psikoaktif yang dikonsumsi di lebih dari 100 negara. Minuman keras sangat populer karena berbagai alasan termasuk agama, obat dan tentu saja, kesenangan. Tidak peduli mengapa obat mujarab dikonsumsi, individu perlu memastikan bahwa konsumsi alkohol harus didukung oleh kebersihan mulut yang baik, atau akan ada banyak masalah gigi dapat terjadi.

The Mayo Clinic melaporkan bahwa konsumsi alkohol moderat dapat mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit jantung termasuk serangan jantung, berpotensi meminimalkan risiko stroke, menurunkan perubahan untuk mendapatkan batu empedu dan berpotensi menurunkan risiko terkena diabetes. Namun, terlalu banyak mengonsumsi minuman keras dapat dengan cepat menghancurkan kesehatan mulut. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan erosi gigi, mulut kering dan kemungkinan untuk terkena kanker tenggorokan atau mulut.

Erosi Gigi
Masalah Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Masalah Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Tidak seperti kerusakan gigi yang disebabkan oleh bakteri plak gigi, erosi gigi adalah “… serangan langsung oleh bahan kimia yang ditemukan dalam makanan dan minuman asam,” termasuk minuman keras. Hasil erosi gigi dari kadar pH rendah secara terus menerus di mulut dan alkohol merupakan penyumbang utama ketidakseimbangan ini. Dengan sendirinya, erosi gigi dari email gigi tidak mengancam kehidupan, tetapi dapat meningkatkan ketidaknyamanan karena sensitivitas gigi, perubahan warna gigi dan banyak masalah lainnya.

Mulut kering

Berkat dehidrasi, kurangnya air dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengembangkan mulut kering. Mulut kering umumnya dikaitkan dengan kurangnya produksi air liur dan air liur (98 persen air, 2 persen senyawa lain) adalah pertahanan alami tubuh untuk membersihkan plak gigi yang berbahaya.

Kanker Mulut

Konsumsi alkohol dianggap sebagai salah satu penyebab terbesar kanker mulut. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan produksi karsinoma sel skuamosa oral. Sel-sel tersebut bertanggung jawab atas 90 persen dari semua kasus kanker mulut dan peneliti percaya bahwa alkohol dapat mengiritasi lapisan lendir mulut dan menciptakan tempat yang sempurna untuk pertumbuhan sel kanker.

Para penikmat minuman keras harus memberikan perhatian khusus untuk menyikat dan membersihkan gigi agar dapat memerangi masalah yang terkait akibat konsumsi minuman ini. Makan makanan bergizi dan minum air putih juga dapat meminimalkan efek negatif alkohol dalam hal kesehatan mulut. Mempertahankan jadwal rutin pemeriksaan gigi ke dokter gigi juga dapat mendeteksi masalah gigi terkait alkohol.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat