3 Masalah Gigi yang Sering Terjadi pada Anak

dokter gigi jakarta Masalah Gigi yang Sering Terjadi pada Anak

Global Estetik – Para orangtua memang wajib untuk memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anak sedari dia masih belum tumbuh giginya. Terutama untuk mencari tahu tentang masalah gigi yang sering terjadi pada anak. Pada umumnya, semua akan dimulai dari pertumbuhan gigi susu yang akan tumbuh ketika anak berusia 6 bulan sampai 6 tahun. Gigi susu tersebut yang akan menghiasi senyum si kecil nantinya.

Masalah yang terjadi pada gigi dan mulut anak bisa berpengaruh terhadap asupan gizi anak. Bila anak mengalami masalah pada giginya tentunya akan sulit untuk menelan makanannya. Selain itu aktivitas si kecil juga akan terganggu karena seringnya anak rewel dan tidak bisa menikmati apa saja yang ingin dia lakukan.

Masalah Gigi yang Sering Terjadi pada Anak

dokter gigi anak Masalah Gigi yang Sering Terjadi pada AnakProses pertumbuhan rahang anak bisa terganggu jika masalah terjadi bila sering melakukan kebiasaan buruk yang tidak diketahui orang tua. Untuk itu sebaiknya orang tua perlu tahu masalah apa saja yang dapat timbul pada kesehatan gigi dan mulut anak. Dibawah ini ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada gigi dan mulut anak sebagai berikut:

Gigi Tumbuh

Umumnya proses tumbuhnya gigi ini akan membuat anak memproduksi air liur yang lebih banyak. Karena hal tersebut tentu saja membuatnya menjadi tidak nyaman pada bagian gusinya. Dan bila dilihat pada gusinya akan nampak kemerahan dan sedikit bengkak. Bila hal tersebut membuat anak menjadi tidak nyaman dan merasa nyeri berlebihan maka sebaiknya segera bawa anak untuk pergi ke dokter gigi.

Sariawan

Saat anak masih belum mempunyai gigi susu, pasti anak hanya dapat mengonsumsi makanan lunak dan cair saja. Saat anak belum mempunyai gigi maka tidak jarang para orang tua akan mengabaikan kebersihan rongga mulutnya. Kenyataannya hal itu sangat penting sebab gusi serta lidah anak akan rentan menjadi sarang bakteri atau jamur.

Hal inilah yang membuatnya mudah mengalami sariawan dan dapat menjadi masalah karena lesi pada anaknya. Sehingga bisa membuat anak menjadi rewel dan mengganggu aktivitasnya. Untuk itu sebaiknya orang tua tetap harus menjaga kebersihan rongga mulutnya meskipun anak masih belum tumbuh gigi.

Gigi Berlubang

Jika anak memiliki kebiasaan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulutnya, maka masalah gigi berlubang ini bisa dihindari. Lubang gigi atau karies gigi ini memang sering terjadi pada gigi anak-anak. Untuk dapat mencegah masalah ini terjadi maka sebaiknya bawa anak melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Dengan begitu jika anak mengalami masalah gigi yang sering terjadi pada anak, maka dokter gigi akan segera mendeteksinya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat