Manfaat Memasang Kawat Gigi Depok

Manfaat memasang kawat gigi depok

Manfaat memasang kawat gigi depok

Yuk Simak!

globalestetik.comKawat gigi (behel) merupakan alat berbasis kawat untuk memperbaiki gigi atau rahang yang tidak rata dan gigi yang bertumpuk. Tujuannya untuk menyesuaikan gigi dan rahang agar bisa menggigit makanan dengan baik dan memberikan senyum yang indah. Namun, tidak bisa begitu saja memasangnya. Diperlukan pemeriksaan menyeluruh dokter gigi sebelum alat tersebut dapat dipasang di rongga mulut.

Jangan Memasang Kawat Gigi Hanya Untuk Bergaya

Manfaat memasang kawat gigi depok – Menggunakan kawat gigi merupakan langkah tepat untuk mengatasi susunan gigi yang berantakan. Selama melakukan prosedur, dokter bisa menyesuaikan tindakan perawatan dan  jenis kawat gigi yang sesuai dengan kondisi. Namun saat ini banyak jasa pemasangan kawat gigi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan.

Karena terdapat berbagai risiko akibat pemasangan kawat gigi yang salah posisi atau jenis yang tidak sesuai. Bayangkan saja, jika gigi rapi yang diidamkan tidak tercapai, dan gigi malah semakin berantakan. Perawatan ini, sangat tidak disarankan hanya untuk bergaya atau mengikuti tren saat. Jika gigi dengan susunan rapi kemudian dipasangi kawat gigi, maka kemungkinan susunan gigi bergeser dan menjadi berantakan.

 

Mengapa Harus Memasang Kawat Gigi?

Manfaat memasang kawat gigi depok – Kawat gigi bermanfaat sebagai penyangga supaya gigi tumbuh pada tempat seharusnya dan tidak mengganggu pertumbuhan gigi lain maupun gusi. Pemasangan kawat gigi selain bisa merapikan struktur gigi, dapat berdampak positif pada kesehatan mulut dan kebersihan gigi juga. Selain itu, terdapat tiga alasan yang menjadi pertimbangan mengapa seseorang harus memasang kawat gigi:

  1. Posisi gigi depan maju
  2. Bentuk gigi berantakan dan tidak beraturan sehingga menggores gusi dan gigi yang menyebabkan radang
  3. Struktur gigi berantakan berakibat pada artikulasi bicara.

 

Manfaat Memasang Kawat Gigi

Manfaat memasang kawat gigi depok – Kawat gigi bertujuan memperbaiki berbagai masalah gigi dan mempunyai banyak manfaat. Kelebihan utama memasang kawat gigi seperti:

#1. Meningkatkan kesehatan gigi

Masalah ortodontik seperti gigi tidak rata, plak, gigi tidak beraturan, pola gigi yang tidak benar, bakteri, penyakit gusi, dan lain sebagainya bisa diatasi dengan penggunaan kawat gigi. Behel akan menyesuaikan struktur gigi menggunakan cara yang paling tepat. Hal ini dapat meningkatkan kebersihan gigi.

#2. Melindungi gigi

Orang yang mempunyai bentuk gigi tidak rata atau masalah ortodontik lainnya mempunyai risiko bahaya, seperti gigi depan menonjol, dan kerusakan gigi dini. Oleh karena itu, orang-orang yang mengalami hal tersebut memerlukan perisai kuat untuk melindungi gigi. Behel berfungsi sebagai pelindung terhadap dampak buruk tersebut sekaligus menjaga kesehatan gigi.

#3. Menyelesaikan masalah makan

Banyak orang yang sulit mengunyah atau menggigit makanan. Hal itu disebabkan gigi yang tidak rata. Apabila hal tersebut tidak diperbaiki, akan menyebabkan masalah gizi dan pencernaan. Oleh karena itu, pasien dapat memakai behel untuk menyelesaikan masalah makan.

#4. Mempunyai senyum yang indah dan gigi yang lurus

Kawat gigi bisa meningkatkan penampilan gigi secara keseluruhan. Setelah gigi tidak rata dan tidak beraturan diperbaiki, hasilnya adalah senyum yang indah. Efek keseluruhan dari perubahan ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, sehingga bisa bebas mengekspresikan diri secara terbuka tanpa ragu atau malu.

 

Jenis Behel Gigi 

Manfaat memasang kawat gigi depok – Pemasangan behel gigi biasanya dilakukan ortodontis, yaitu dokter gigi yang sudah mengikuti pelatihan khusus untuk mendiagnosis, mencegah, serta merawat gigi dan rahang yang tidak rata. Dokter akan menentukan jenis kawat gigi yang tepat sesuai kondisi yang dialami pasien. Berikut ini beberapa jenis behel gigi yang biasa digunakan:

#1. Behel gigi permanen

Behel gigi permanen berisi kotak-kotak yang direkatkan pada setiap gigi dan terhubung satu sama lain oleh kawat. Kawat untuk mengoreksi letak beberapa gigi sekaligus dan mencegah masalah akibat gigi tidak rata. Behel gigi permanen biasanya mudah terlihat karena terbuat dari logam. Namun, saat ini banyak kawat yang terbuat dari keramik atau plastik tembus pandang supaya terlihat lebih samar, tetapi harganya lebih mahal.

#2. Behel gigi lepas-pasang

Behel gigi lepas-pasang bentuknya seperti penampang plastik yang diposisikan di beberapa gigi dan menutup langit-langit mulut. Jenis ini umumnya untuk mengoreksi masalah minor, contohnya gigi yang bengkok. Behel gigi lepas-pasang umumnya dilepas ketika melakukan kegiatan tertentu, ketika membersihkan mulut, dan saat menggosok gigi.

#3. Behel gigi fungsional

Behel gigi fungsional berisi sepasang kawat plastik lepas pasang yang dipadukan dan ditempatkan di gigi bagian atas dan bawah. Jenis ini untuk menangani masalah posisi rahang atas dan rahang bawah yang tidak sejajar dengan gigi atas atau bawah. Behel gigi fungsional harus digunakan setiap waktu untuk memberikan manfaat maksimal, dan dilepas ketika makan atau dibersihkan.

#4. Headgear

Headgear merupakan pengait yang tersambung dari kawat gigi dan ditempatkan di kepala untuk menarik posisi gigi depan. Jenis ini biasanya tidak bisa makan atau minum ketika memakainya, sehingga hanya digunakan ketika tidur.

#5. Retainer

Retainer digunakan menjelang akhir perawatan ortodontis. Retainer untuk menstabilkan posisi baru gigi, gusi, dan tulang, termasuk mencegah posisinya kembali seperti semula. Alat ini bisa bersifat permanen atau lepas-pasang. Setelah berhenti menggunakan retainer, posisi gigi mungkin akan berubah secara alami.

#6. Behel gigi lingual

Behel gigi lingual mirip behel gigi permanen, namun kotak-kotaknya ditempel di belakang gigi. Jenis ini hampir tidak terlihat dan bekerja secepat kawat gigi permanen, namun harganya lebih mahal.

#7. Behel gigi tembus pandang (clear aligner)

Behel gigi tembus pandang (clear aligner) dikhususkan untuk seseorang dengan pertumbuhan gigi dan gusi yang sudah berhenti. Clear aligners (Invisalign), digunakan seperti pelindung gigi dan bisa dicopot ketika makan dan membersihkan gigi. Meskipun membutuhkan biaya lebih besar, jenis ini banyak dipilih karena lebih praktis dan tidak mengganggu penampilan.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof