Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Annona Muricata atau yang lebih dikenal sebagai sirsak merupakan salah satu spesies tanaman buah yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah tropis, salah satunya Indonesia. Sirsak memiliki buah yang rasanya manis dan agak asam, buah dari sirsak tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, serta dapat melawan sel-sel kanker.

Tidak hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat, ternyata daun sirsak juga sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan karena daun sirsak mengandung berbagai senyawa aktif seperti tannin, flavonoid, karbohidrat, kalsium, alkaloid, saponin, fosfor, kalsium oksalat, fitosterol, vitamin A, B dan C. Berikut berbagai manfaat daun sirsak.

Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat dapat diatasi dengan mengonsumsi daun sirsak. Bahkan banyak obat-obatan alternatif yang memanfaatkan daun sirsak sebagai obat asam urat. Untuk membuat obat alami asam urat yang terbuat dari daun sirsak caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan 6 hingga 10 daun sirsak yang sudah tua dan telah dicuci, lalu rebus daun sirsak tersebut dalam 2 gelas air dan didihkan sampai tersisa satu gelas saja. Minum ramuan tersebut dua kali sehari, pagi dan sore.

Sakit Punggung

Selain dapat mengatasi asam urat, daun sirsak juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit punggung yang sering kita alami. Cara ini tentunya lebih baik dilakukan dibandingkan mengobati sakit punggung dengan menggunakan obat-obatan kimia yang memberikan efek samping bagi tubuh.

Mengobati sakit punggung dengan daun sirsak dapat Anda lakukan seperti halnya membuat obat untuk asam urat, yaitu dengan merebus 20 lembar daun sirsak ke dalam 5 gelas air hingga mendidih. Setelah itu, minum air rebusa daun sirsak tersebut sekali sehari.

Melawan Kanker

Bukan hanya buah saja yang dapat melawan kanker, daun dari buah sirsak juga memiliki manfaat untuk menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih efektif daripada kemoterapi. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif 10 ribu kali lebih kuat dan efektif melawan sel-sel kanker dibandingkan dengan kemoterapi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat