Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Gigi

Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Gigi

Global Estetik – Coklat merupakan salah satu makanan yang kaya akan mineral dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya itu saja, menurut penelitian, coklat ternyata dapat mencegah terjadinya kerusakan pada gigi. Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Osaka University di Jepang yang menemukan bahwa biji kakao memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan gigi dan mencegah tumbuhnya bakteri di dalam mulut. Selain itu, biji kakao yang merupakan bahan utama cokelat juga memiliki efek antibakteri pada mulut dan dapat mencegah pembentukan plak yang menyebabkan kerusakan pada gigi.

Jenis cokelat yang memiliki manfaat untuk kesehatan gigi dapat ditemukan pada jenis “dark chocolate” yang memiliki rasa agak pahit, namun kandungan cokelat pada jenis ini memang lebih tinggi. Cokelat dengan jenis “dark chocolate” mengandung tannin yang dapat menghancurkan plak yang jika bereaksi dengan senyawa asam menyebabkan penyakit pada gusi. Selain itu, cokelat jenis ini juga mengandung polyphenol dan flavanoid yang merupakan senyawa antioksidan yang memiliki manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Kandungan flavonoid dalam cokelat selain berguna bagi kesehatan gigi dan mulut juga merupakan senyawa yang dapat melindungi tubuh dari sel kanker. Sedangkan kandungan polyphenol bermanfaat untuk membatasi kerja bekteri yang ada di dalam mulut sehingga mencegah munculnya bau tidak sedap pada mulut, lubang pada gigi, dan penyakit gusi.

Cokelat sering diasumsikan sebagai penyebab kerusakan pada gigi karena rasa manis cokelat diyakini merupakan penyebab gigi mudah rusak. Kadar gula dalam cokelat memang cukup tinggi, namun penelitian lebih lanjut juga menemukan bahwa cokelat lebih aman dibandingkan dengan makanan manis lainnya. Hal ini disebabkan kandungan polyphenol dalam cokelat yang berfungsi sebagai zat antibakteri yang dapat menyeimbangkan kadar gula dalam cokelat. Selain itu, para peneliti percaya jika kandungan yang ada dalam cokelat tersebut dapat ditambahkan pada pasta gigi.

Cokelat tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi kini cokelat banyak digunakan sebagai bahan lulur maupun masker kecantikan karena diyakini dapat meremajakan dan mengencangkan kulit. Selain itu, cokelat juga dapat dikonsumsi dengan aman bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena kandungan gula dalam cokelat jenis ini tidak akan menaikan gula darah seseorang yang mengonsumsinya. Bukan hanya itu saja, “dark chocolate” juga mengandung vitamin, mineral, zat besi dan kalsium yang dapat memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh serta dapat bermanfaat bagi pertumbuhan anak.

Cokelat memang memiliki banyak manfaat, salah satunya bagi kesehatan gigi. Oleh karena itu, tidak aneh jika cokelat dianggap sebagai ‘kiriman dari surga’ oleh Suku Maya dan Aztec di Meksiko. Akan tetapi, meski cokelat kaya akan mineral dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari manfaat cokelat ada baiknya untuk menyeimbangkan konsumsi cokelat dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

 

 

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat