Manfaat Berkumur Air Garam untuk Gigi dan Mulut

Berkumur air garam telah dilakukan selama ratusan tahun oleh beberapa budaya dari generasi ke generasi untuk membersihkan luka dan membilas mulut. Banyak jenis bakteri yang hidup di dalam rongga mulut yang menyebabkan berbagai penyakit seperti gigi berlubang dan radang gusi. Larutan air garam ini dapat meningkatkan pH di dalam mulut yang menghalangi berkembangnya bakteri. Air garam juga bersifat isotonik dan tidak membuat iritasi selaput lendir. Hal inilah yang membuat banyak dokter gigi memanfaatkan air asin hangat setelah melakukan prosedur gigi.

Untuk lebih jelasnya, berkumur dengan air garam memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Mengatasi sakit tenggorokan dan gusi bengkak

Gusi yang bengkak akibat rongga mulut yang kotor dapat dibersihkan dengan berkumur menggunakan air garam. Berkumur air garam juga dapat membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan serta menenangkan jaringan tenggorokan yang meradang. Selain itu, sifat anti inflamasi dari larutan garam memiliki manfaat untuk meredakan nyeri dan bengkak pada gusi.

  1. Mengatasi masalah bau mulut (halitosis)
Baca Juga :  Special Promo Memutihkan Gigi

Halitosis atau bau mulut umumnya disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Bau mulut tidak akan hilang hanya dengan mencuci mulut selama beberapa kali. Namun berkumur air garam dapat membersihkan rongga mulut dari bakteri yang merupakan penyebab bau mulut.

  1. Melindungi email gigi

Garam memiliki kandungan natrium kloridan dan iodium yang telah lama dimanfaatkan untuk kesehatan. Kandungan flour dan phospor dalam garam juga sering dimanfaatkan untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan flour dan phospor pada garam juga bermanfaat untuk melindungi email gigi dari kerusakan.

Baca Juga :  Menu Sarapan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan jika berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam ini merupakan cara alami untuk membersihkan mulut dan mencegah berkembangnya bakteri dalam rongga mulut. Cara ini tentunya lebih murah dibandingkan dengan berkumur menggunakan obat kumur yang ada di pasaran. Selain itu, air garam juga lebih ramah lingkungan dan mudah digunakan karena garam merupakan bahan alami yang mudah di temukan serta tidak menyebabkan alergi jika digunakan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat