Mahkota vs Veneer: Adaptasi Teknologi Masa Depan, Makin Oke Kah?

dokter gigi depok

Mahkota vs Veneer: Adaptasi Teknologi Masa Depan, Makin Oke Kah?

Global Estetik – Masalah utama dengan restorasi keramik di masa lalu adalah masalah yang terdiri dari partikel kaca dengan konsentrasi tinggi. Bahan ini sangat rapuh dan memiliki kekuatan yang rendah, dan seperti kaca, mereka cenderung dapat patah dengan mudah.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memasukkan bahan inti atau substruktur yang terbuat dari logam.  Sayangnya, ketika memperkuat mahkota, logam akan cenderung mengurangi daya tembus pandang seperti porselen dan dari segi penampilannyam akan tidak hidup – keadaan mungkin tidak terlalu buruk untuk gigi belakang tetapi kondisi ini tidak terlalu bagus untuk gigi depan.

Baru-baru ini, kategori terbaru dari mahkota keramik menggunakan inti keramik internal yang terbuat dari Zirkonia yang menambah kekuatan signifikan serta keindahan estetika. Inti dari keramik polikristalin ini (poli – banyak, kristal – struktur kristal yang memberikan kekuatan lebih besar) adalah bahan yang sama yang membentuk struktur dasar berlian palsu.

Teknologi CAD-CAM (Computer Aided Design – Computer Aided Manufacturing) adalah inovasi lain dalam kedokteran gigi yang memungkinkan akurasi dan kesesuaian restorasi mahkota gigi. Menggunakan tongkat khusus untuk memindai gigi yang telah dimodifikasi untuk mahkota baru, informasi ini akan dipancarkan dari komputer ke mesin pembuatan yang memahat inti keramik dari mahkota.

Keramik kemudian dipanggang di atas inti ini untuk meniru bentuk dan warna gigi serta memberikan kecemerlangan dan transparansi tradisionalnya. Hasil dari sistem berbantuan komputer ini adalah mahkota yang terdiri dari inti yang diperkuat yang disemen secara permanen ke gigi asli yang tersisa.

Pada Akhirnya, Veneer atau Mahkota?

Dalam banyak contoh, veneer dan mahkota porselen dapat memberikan hasil yang luar biasa tetapi kedua jenis restorasi gigi ini memiliki karakteristik struktural yang berbeda. Pada akhirnya, terminologi yang tepat tidak akan penting.

Rahasia untuk hasil yang sukses dari prosedur restorasi adalah mengetahui apa yang harus digunakan dan kapan menggunakannya. Ranah ini adalah provinsi dokter gigi profesional, yang menggabungkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

Terserah apakah veneer atau mahkota yang digunakan untuk meningkatkan senyum Anda, fakatanya adalah bahwa tidak ada yang harus tahu bahwa Anda telah melakukan sesuatu, yang penting adalah senyum Anda harus terlihat natural dan indah!

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat