Lokasi Tambal Gigi Jakarta Selatan

globalestetik.com – Tambal gigi adalah prosedur memperbaiki gigi yang berlubang atau rusak. Gigi berlubang terjadi karena adanya bakteri di dalam mulut seringnya menempel pada karang gigi yang tidak dibersihkan. Jarang menggosok gigi juga memicu gigi bolong apalagi suka menkonsumsi makanan dan minuman manis dan bertepung, sisa makanan yang menempel pada gigi membuat bakteri betah di mulut.

Jika dibiarkan dapat beresiko cabut gigi dan rasanya lebih sakit. Tambal gigi dapat dilakukan di rumah sakit, puskesmas, ataupun klinik dokter gigi. Harga sekali tambal gigi tergantung sebarapa parah gigi yang rusak atau berlubang dan bahan yang digunakan untuk menambal gigi. Sebagai informasi awal, anda bisa mengecek kisaran harga tambal gigi di bawah ini:

Lokasi Tambal Gigi Jakarta Selatan

Lokasi Tambal Gigi Jakarta Selatan


Harga Tambal Gigi

Lokasi Tambal Gigi Jakarta Selatan – Untuk sekali tambal gigi biaya yang dikeluarkan lumayan menguras kantong. Kondisi gigi berlubang yang paling ringan saja memerlukan biaya Rp.150.000 – Rp.300.000 per satu gigi. Nah loh, kalau yang berlubang banyak bisa membuat dompet kering. Bahan yang digunakan juga termasuk paling murah dan terjangkau. Untuk kondisi gigi berlubang sedang harganya berkisar Rp.400.000 – Rp.600.000 per satu gigi.

Bahan yang di gunakan semakin mahal maka dari itu harganya semakin naik. Sementara untuk kondisi gigi berlubang yang sangat parah anda perlu menyiapkan uang sebanyak Rp.700.000 – Rp. 1.000.000 per gigi. Semakin parah gigi berlubang maka bahan yang digunakan haruslah terbaik. Oleh karena itu harganya semakin tinggi. Tempat anda menambal gigi juga mempengaruhi harga tambal gigi jadi selektiflah dalam memilih tempat tambal gigi yang murah tapi berkualitas.


Jenis dan Bahan Tambal Gigi

Lokasi Tambal Gigi Jakarta Selatan – Jenis tambal gigi dapat dibedakan dari bahan yang digunakan sesuai kondisi gigi berlubang. Ada banyak jenis tambal gigi di antaranya :

#1. Amalgam

Amalgam terbuat dari campuran logam yang mengandung merkuri, perak, timah, tembaga dan lain-lain. Warna amalgam yang berwarna kuning kurang disukai pasien karena gigi akan berubah kuning maka dari itu amalgam digunakan untuk menambal gigi belakang. Walau amalgam dapat bertahan lama 10 – 15 tahun tapi dokter tidak menyarankan penggunaan amalgam. Karena mengandung merkuri yang membahayakan tubuh.

#2. Komposit resin

Partikel plastik dan kaca halus merupakan bahan dari komposit resin. Cara penambalan gigi menggunakan sinar biru yang berfungsi mengeraskan partikel komposit resin pada gigi. Komposit resin memiliki ketahanan yang kuat dan memiliki warna yang sama seperti gigi asli.

#3. Emas

Bahan emas tentunya hanya dapat dilakukan oleh orang yang ber uang saja karena biaya yang mahal. Bahan ini dipadukan dengan logam lainnya jadi tidak menimbulkan korosi. Selain itu, menggunakan emas sebagai penambal gigi dapat bertahan 10 – 15 tahun.

#4. Porselen

Porselen merupakan bahan yang sering digunakan untuk tamba gigi karena memiliki warna yang sangat mirip dengan gigi asli. Ketahanan dan kekuatan bahan ini juga sangat bagus. Porselen dapat bertahan cukup lama yaitu 7 tahun.


Tambal Gigi Sementara

Tambal gigi sementara dilakukan pada kondisi lubang gigi ringan. Mencegah lubang gigi semakin membesar dan meredakan nyeri pada gigi. Bahan yang digunakan bersifat lunak. Oleh karena itu tambal gigi sementara tidak bertahan lama hanya beberapa minggu saja. Anda juga harus rutin mengecek tambal gigi sementara ke dokter gigi agar tau kondisi kesehatan gigi.


Tambal Gigi Permanen

Seperti arti kata permanen yang artinya tahan lama, tambal gigi permanen memiliki ketahanan waktu yang lama. Biasanya digunakan pada kondisi gigi yang parah. Oleh karena itu pada prosedur tambal gigi permanen memerlukan bahan yang keras agar tahan lama dan memperbaiki kondisi gigi. Warna tambal gigi juga menyesuaikan dengan warna asli jadi tak perlu takut warna gigi belang.


Prosedur Tambal Gigi

Lokasi Tambal Gigi Jakarta Selatan – Pada prosedur tambal gigi ada 2 metode yang dilakukan yaitu :

#1. Tambal gigi secara langsung (direct filling)

Pada metode ini pertama-tama dokter akan membersihkan kotoran pada lubang gigi. Bahan tambalan akan langsung di masukan pada lubang gigi biasanya menggunakan bahan amalgam dan komposit resin. Ada beberapa tahapan tambal gigi secara langsung yaitu :

  • Menyuntikan atau menyemprot bius local pada area sekitar gigi agar mati rasa
  • Merapihkan gigi dengan mengebor gigi yang rusak
  • Memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada gigi
  • Memberikan obat khusus agar tambalan menyatu dengan gigi
  • Memberikan lapisan komposit resin untuk melindungi saraf
  • Menempelkan bahan tambalan pada gigi
  • Memberikan sinar khusus agar bahan tambalan mengeras
  • Mengikir tambalan seperti gigi aslinya

#2. Tambal Gigi Tidak Langsung (indirect filling)

Tambal gigi ini dilakukan pada kondisi gigi dengan lubang yang besar sehingga tidak bisa bahan tambalan tidak bisa menempel pada gigi. Biasanya tambalan akan dicetak dulu sesuai ukuran gigi. Bahan yang digunakan emas dan porselen. Tahapan tambal gigi tidak langsung membutuhkan dua kali pertemuan karena harus mencetak gigi dahulu.

  • Kunjungan pertama, dokter akan mencetak gigi yang sudah dibersihkan dari kotoran. Lalu memberikan tambalan sementara sampai hasil cetakan sudah jadi.
  • Kunjungan kedua, setelah hasil cetakan jadi tambalan sementara akan dilepas dan digantikan dengan hasil cetakan.


Setelah Tambal Gigi

Dokter akan memberikan pasien informasi mengenai perawatan setelah tambal gigi mencegah terjadinya infeksi. Caranya ada dibawah ini :

  • Gunakan pasta gigi terutama yang mengandung fluride saat sikat gigi
  • Bersihkan celah gigi menggunakan benang gigi
  • Mengecek gigi ke dokter gigi secara rutin
  • Memakan makanan yang bergizi
  • Mengunyah makanan pada sisi mulut yang tidak di tambal
  • Jangan dulu mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin atau panas
  • Jangan menggosok gigi terlalu keras apalgi pada tambalan


Efek Samping Tambal Gigi

Lokasi Tambal Gigi Jakarta Selatan – Setelah tambal gigi biasanya pasien akan merasakan nyeri pada gigi atau sensitive pada makanan dingin atau panas. Kondisi ini biasa terjadi sekitar 2-4 minggu tapi kalau rasa nyeri semakin sakit atau menganggu anda bisa berkonsultasi pada dokter.


Apakah Tambal Gigi Sakit?

Pada saat menambal gigi dokter sudah menyuntikan bius local mungkin tidak akan terasa sakit tapi setelah biusnya hilang rasa sakitnya baru datang. Kondisi ini wajar karena gigi perlu beradaptasi dengan bahan tambal gigi. Rasa sakitnya juga sementara tidak akan lama.


Semoga informasi di atas bermanfaat.


Global Estetik Cabang Jakarta Selatan di
Grand ITC Permata Hijau Lantai 1 Blok D9/B
Jl. Arteri Permata Hijau, RT.11/RW.10, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210
( Sebelah Toko Emas Princess )
https://wa.me/6285813313640
Telpon Klinik : 085813313640
Buka senin s/d minggu
Jam 10.00 – 20.00

Rute GMaps: https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+permata+hijau/@-6.3076677,106.7219183,12z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69f13fe789eabb:0x66059b13fa2076e5!2m2!1d106.7834065!2d-6.2205372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks
https://linktr.ee/globalestetik