Lima Hal Penyebab Lidah Menjadi Hitam

Lima Hal Penyebab Lidah Menjadi Hitam

Global Estetik – Lidah hitam adalah suatu kondisi di mana lidah memiliki penampilan hitam. Lidah juga bisa memiliki perubahan warna coklat atau kuning. Ini adalah kondisi yang tidak berbahaya dan biasanya hilang begitu saja tanpa perawatan medis. Ada gejala lain yang berhubungan dengan lidah hitam, termasuk bau mulut. Lidah juga bisa merasakan efek rasa logam atau tidak biasa yang terkait dengan lidah hitam. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang lidah yang menghitam:

Penyebab Fisik

Lidah terdiri dari otot yang ditutupi dengan selaput lendir. Permukaan atas lidah memiliki benjolan kecil yang disebut papillae yang terdapat indra perasa berada di antara benjolan kecil. Ketika papillae tumbuh lebih panjang dan tidak terawat dengan baik, penampilan lidah akan terlihat hitam, yang disebut lidah hitam. Perubahan penampilan lidah biasanya mulai ke arah belakang lidah dan berlanjut ke depan ke arah depan lidah.

Kebersihan mulut

Kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan lidah hitam. Bakteri dapat tumbuh di antara papillae, membuat lidah terlihat hitam. Untuk kebersihan mulut yang baik, para pakar gigi merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang disetujui oleh pemerintah, dalam hal ini adalah BPOM dan Kementrian Kesehatan.

Membersihkan gigi setiap hari, membatasi cemilan di antara waktu makan dan melakukan kunjungan dokter gigi secara teratur dapat menjaga kebersihan mulut. Para pakar gigi juga merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi Anda setiap 3 hingga 4 bulan.

Penggunaan Antibiotik

Perubahan tingkat normal ragi atau bakteri di mulut dapat terjadi setelah penggunaan antibiotik tertentu. Perubahan ini bisa menyebabkan lidah menjadi hitam.

Pernapasan Mulut

Menurut para ahli, bernapas melalui mulut dapat menyebabkan lidah menghitam. Bernafas melalui mulut dapat memungkinkan bakteri untuk masuk dan tumbuh di papila, sehingga membuat lidah berwarna hitam.

Mouthwash, Bismut, dan Tembakau

Penggunaan obat kumur yang mengandung peroksida atau oksidator lainnya dapat menyebabkan lidah hitam. Obat kumur yang mengandung witch hazel, menthol, atau astringen lainnya dapat menyebabkan lidah hitam. Penggunaan obat oral yang mengandung bismut juga dapat menyebabkan lidah hitam.

Selain itu, pemakaian tembakau yang berat dapat menyebabkan lidah hitam. Penyebab-penyebab ini mengubah bagian kimia di lidah, yang dapat menghasilkan zat-zat yang memberi lidah penampilan yang kehitaman. Memiliki lidah yang hitam tidak hanya masalah medis, namun juga membuat penampilan Anda menjadi buruk dengan lawan bicara.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat