Laser Datang, Teknologi Ini Hilang

klinik gigi bandung

Laser Datang, Teknologi Ini Hilang

Global Estetik – Laser di banyak aplikasi jaringan keras gigi (enamel gigi, dentin dan tulang) menghilangkan kebutuhan untuk penggunaan bor gigi, sehingga membebaskan pasien dari kebisingan dan getaran yang dapat mengganggu dan tidak nyaman.

Aplikasi laser juga sangat tepat dalam jumlah jaringan yang diangkat, dan merupakan pilihan ideal untuk mengangkat selektif karies email awal (pembusukan) dan rongga yang berukuran kecil. Laser telah terbukti kurang invasif dan tidak merusak ketimbang bor gigi, menyelamatkan struktur gigi pasien.

Untuk rongga yang lebih besar, laser sedikit lebih lambat daripada metode konvensional, yang membuatnya tidak efisien. Seorang dokter gigi dapat mempersiapkan rongga kecil untuk diisi dengan menguapkan pembusukan dengan menggunakan laser yang melewati serat yang terhubung ke alat seukuran pensil.

Sinar laser juga berguna sebagai bantuan dalam pengerasan resin komposit dan membantu mengaktifkan bahan kimia pemutih gigi.

dokter gigi depok

Baru-baru ini, laser digunakan untuk pembedahan tulang, selama pembedahan periodontal (gusi) untuk pembentukan ulang dan pengangkatan tulang dan untuk mengungkap gigi bungsu yang perlu diangkat.

Kelemahan Teknologi Laser

Bukannya tanpa masalah, teknologi laser juga memiliki beberapa kelemahan. Studi menunjukkan prosedur laser membutuhkan waktu lebih lama daripada metode tradisional. Laser tidak dapat digunakan pada tambalan amalgam yang ada karena potensi paparan merkuri dan pemanasan restorasi logam yang berisiko pada kerusakan gigi.

Belum ada satu laser tunggal untuk menangani semua penggunaannya dalam kedokteran gigi, namun banyak sistem laser gigi memiliki beberapa aplikasi gigi. Selain itu, biaya pengadaan peralatan laser dibandingkan dengan peralatan tradisional relatif lebih tinggi.

Pengembangan dan penelitian yang berkelanjutan di bidang laser akan memastikan bahwa kedokteran gigi akan dapat memberikan perawatan terbaik bagi pasien. Ilmu pengetahuan seputar laser gigi terus mendukung banyak kegunaan saat ini dan menunjukkan potensi untuk aplikasi laser di masa depan.

dokter gigi bandung

Pelatihan untuk Teknologi Laser

Dokter gigi dan ahli kesehatan gigi yang menggunakan laser membutuhkan pelatihan khusus dalam penggunaan yang aman. Laser apa pun dapat membahayakan jaringan tipis, jika digunakan dengan kekuatan yang terlalu banyak atau untuk jangka waktu yang terlalu lama, jadi pelatihan akan sangat penting.

Dibutuhkan sertifikasi praktisi untuk menggunakan laser sesuai dengan pedoman dan standar untuk pendidikan dental laser. Pedoman ini adalah standar yang diakui secara internasional untuk penggunaan laser pada kedokteran gigi. Mereka menetapkan standar pendidikan dalam penggunaan laser dalam kedokteran gigi dan menentukan standar untuk demonstrasi kompetensi dalam penggunaan laser yang aman dan efektif.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat