Langkah untuk Mempromosikan Kesehatan Gigi Anak

dokter gigi depok gigi anak sehat

Langkah untuk Mempromosikan Kesehatan Gigi Anak

Global Estetik – Kesehatan mulut anak akan sangat berhubungan erat dengan praktik kesehatan gigi dan kebersihan gigi keluarga secara keseluruhan. Kunjungan ke klinik gigi di ulang tahun pertama dapat mendidik orang tua atau pengasuh tentang pentingnya kebersihan mulut mereka sendiri.

Anak-anak tidak dilahirkan dengan tingkat bakteri penyebab rongga yang tinggi di mulut mereka. Mereka mendapatkan bakteri dari pengasuh mereka, biasanya ibu mereka, melalui kontak jarak dekat. Bakteri ini ditularkan melalui ciuman, berbagi peralatan makan seperti sendok atau gelas, berbagi makanan, atau membersihkan dot melalui mulut. Masa ketika seorang anak paling rentan untuk memperoleh bakteri penyebab pembusukan gigi cukup singkat, dimulai sejak usia enam bulan dan berlanjut hingga sekitar tiga puluh satu bulan.

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa kesehatan mulut anak terkait erat dengan kesehatan ibunya. Inilah sebabnya mengapa penting bahwa pengasuh anak kecil meningkatkan kesehatan mulut mereka sendiri melalui kunjungan ke klinik gigi secara teratur dan praktik kebiasaan gigi yang benar. Kunjungan ke klinik gigi di ulang tahun pertama adalah momen pengingat yang baik – dan kesempatan belajar – untuk kebersihan dan perawatan yang tepat.

dokter gigi bandung

Diagnosis, pencegahan, pendidikan, dan perawatan dapat mencakup banyak alasan untuk kunjungan pertama bayi Anda ke dokter gigi. Yang paling penting, diagnosis dan perawatan segera terhadap masalah gigi yang muncul, serta perhatian jangka panjang terhadap kebersihan mulut yang baik, dapat membantu membangun fondasi kesehatan gigi yang baik untuk anak Anda – dan seluruh keluarga Anda – yang akan bertahan seumur hidup.

Akhirnya, meski kebersihan mulut dan perubahan pola makan memerlukan perubahan perilaku pada bagian keluarga anak, fluoride tidak. Fluoridasi air yang optimal tidak memerlukan usaha sama sekali dari pihak keluarga. Namun, suplemen fluoride dapat membantu proses pembentukan enamel, karena fluoride bekerja paling baik ketika gigi telah sepenuhnya terbentuk dan telah tumbuh.

Manfaat suplemen fluoride prenatal masih kurang diteliti. Ada banyak pertanyaan yang tidak terjawab dan hingga kini masih kontroversial. Oleh karena itu, indikasi untuk suplementasi fluoride prenatal belum ditetapkan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan keuntungan, jika ada, dan tingkat dosis untuk suplemen fluoride prenatal.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat