Langkah Tepat Menghadapi Mahkota Gigi yang Bermasalah – Part 1

mahkota gigi

Langkah Tepat Menghadapi Mahkota Gigi yang Bermasalah – Part 1

Global Estetik – Pemasangan mahkota gigi adalah restorasi gigi yang umum digunakan untuk menjaga fungsi, bentuk dan ukuran gigi. Mahkota melindungi gigi yang sangat rentan terhadap patah tulang terutama setelah perawatan saluran akar; Mereka menutupi implan gigi dan menutup celah antara gigi yang retak dan aus. Namun, apa yang terjadi jika mahkota pada gigi anda patah atau jatuh?

Mahkota Gigi yang Bermasalah- Global Estetik Dental Care
Mahkota Gigi yang Bermasalah- Global Estetik Dental Care

Hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah mengoleskan sedikit minyak cengkeh dengan kapas atau semen gigi langsung ke permukaan gigi jika terasa sensitif. Ini bisa membantu sedikit dalam hal sensitivitas dan penghilang rasa sakit. Jika pasien menggunakan mahkota gigi, kemungkinan besar anda bisa memasukkannya kembali ke gigi. Pastikan bagian dalam mahkota sudah bersih dan kemudian anda bisa melapisinya dengan pasta gigi atau pasta perekat gigi yang keduanya tersedia di apotek terdekat. Ini adalah solusi sementara sampai pasien bisa mengunjungi klinik dokter gigi pilihan anda.

Prosedur di Klinik

Mahkota gigi yang hilang atau jatuh bukan merupakan keadaan darurat. Namun, kadang-kadang bisa sangat menyakitkan karena jaringan gigi yang terpapar mungkin sensitif jika ini terjadi pada gigi yang vital (memiliki pulpa yang sensitif). Hal ini dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan secara psikologis atau estetika jika berada di dalam area anterior. Bergantung pada kasus yang terjadi, masalah ini harus diselesaikan sesegera mungkin.

 

Yang biasa dilakukan dokter adalah bertanya kepada pasien apakah mereka masih memiliki mahkota gigi mereka. Jika demikian, setelah membersihkan dan memeriksa secara menyeluruh kedua struktur gigi dan mahkota yang tersisa, dokter gigi pilihan anda akan memastikan bahwa intinya tidak rusak atau terserang karies. Jika pemeriksaan klinis dan sinar-X membuktikan bahwa mahkota masih fit dan beradaptasi dengan baik dengan struktur gigi, dokter gigi mungkin mempertimbangkan membuat mahkota yang lama untuk disemen ulang.

Namun, ini tidak selalu layak dilakukan. Bila mahkota hilang atau rusak, dokter akan menyarankan untuk menggunakan mahkota sementara dan mencoba membuat mahkota baru setelah melakukan persiapan yang diperlukan. Sayangnya, dalam beberapa kasus, gigi mungkin tidak dapat dipulihkan dan dengan terpaksa dokter gigi mungkin mempertimbangkan pilihan lain seperti ekstraksi dan penggantian implan.

 

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat