Kupas Tuntas Kesehatan Gigi dan Kehamilan – Part 1

dokter gigi depok

Kupas Tuntas Kesehatan Gigi dan Kehamilan – Part 1

Global Estetik – Pertanyaan tentang kehamilan dan kesehatan gigi sering datang dari ibu hamil. Proses pembersihan gigi dan pemeriksaan rutin tahunan selama kehamilan tidak hanya aman, namun sangat direkomendasikan. Kenaikan kadar hormon selama kehamilan menyebabkan gusi membengkak, berdarah, dan menjebak makanan sehingga menyebabkan iritasi pada gusi. Preventive act bagi gigi saat hamil sangat penting untuk menghindari infeksi oral seperti penyakit gusi, yang telah dikaitkan dengan kelahiran prematur.

Kesehatan Gigi dan Kehamilan- Global Estetik Dental Care
Kesehatan Gigi dan Kehamilan- Global Estetik Dental Care

Dental work saat hamil, seperti penutupan lubang dan mahkota, harus dikerjakan untuk mengurangi kemungkinan infeksi. Jika prosedur gigi dilakukan selama kehamilan, trimester kedua sangat ideal. Begitu anda sampai pada trimester ketiga, mungkin sangat sulit untuk berbaring telentang untuk jangka waktu yang lama.

Tindakan yang paling aman adalah menunda semua prosedur gigi yang tidak perlu sampai setelah kelahiran. Namun, terkadang prosedur gigi darurat, seperti saluran akar atau ekstraksi gigi, sangat diperlukan. Perawatan pilihan, seperti pemutihan gigi dan prosedur kosmetik lainnya, harus ditunda sampai setelah melahirkan. Cara terbaik adalah menghindari prosedur gigi ini saat hamil dan hindari memaparkan bayi yang sedang berkembang dengan risiko apapun, walaupun impact-nya minimal.

Saat ini, ada studi yang bertentangan tentang kemungkinan dampak buruk pada bayi yang sedang berkembang akibat pengobatan yang digunakan selama perawatan gigi. Lidokain adalah obat yang paling sering digunakan untuk perawatan gigi. Lidokain (Kategori B) memang melintasi plasenta setelah pemberian.

Jika anda memerlukan perawatan gigi, jumlah anestesi yang diberikan harus sesedikit mungkin, tapi masih cukup untuk membuat nyaman. Jika anda mengalami rasa sakit, minta tambahan dosis. Bila anda merasa nyaman, jumlah stres pada anda dan bayi berkurang. Selain itu, semakin nyaman sang ibu, semakin mudah dokter gigi pilihan anda bekerja.

Pekerjaan gigi sering membutuhkan antibiotik untuk mencegah atau mengobati infeksi. Antibiotik seperti penisilin, amoksisilin, dan klindamisin, yang diberi label untuk keamanan pada kehamilan, dapat ditentukan setelah prosedur selesai.

Penggunaan sinar-x , biasanya diambil selama pemeriksaan rutin tahunan, biasanya dapat ditunda sampai setelah kelahiran. Sinar-X diperlukan untuk melakukan banyak prosedur gigi, terutama keadaan darurat. Menurut American College of Radiology, tidak ada satupun sinar X diagnostik yang memiliki dosis radiasi yang cukup signifikan sehingga menimbulkan efek buruk pada embrio atau janin yang sedang berkembang.

Beberapa wanita dapat memilih untuk menghindari perawatan gigi selama trimester pertama karena mengetahui bahwa ini adalah waktu pengembangan yang paling rentan. Namun, tidak ada bukti yang menunjukkan bahaya pada bayi tersebut bagi mereka yang memilih mengunjungi dokter gigi selama kurun waktu tersebut.

Juga, jika prosedur gigi non-darurat diperlukan selama trimester ketiga, biasanya ditunda sampai setelah kelahiran. Hal ini untuk menghindari risiko persalinan prematur dan waktu lama terbaring dari sang ibu.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat