Kupas Tuntas Kesehatan Gigi dan Kehamilan – Part 3

klinik gigi bandung

Kupas Tuntas Kesehatan Gigi dan Kehamilan – Part 3

Global Estetik – Perawatan gigi selama kehamilan sangat penting. Dari menjaga kebersihan mulut sehari-hari, untuk memantau perubahan di mulut, semakin klop anda dengan kesehatan mulut anda semakin sehat bayi anda nantinya. Sama seperti dimana calon ibu biasanya harus melakukan kunjungan dokter untuk pemeriksaan prenatal, penting juga untuk mengunjungi dokter gigi pilihan anda untuk perawatan gigi pralahir.

Dokter gigi pilihan anda dapat membantu mendiskusikan perubahan kesehatan mulut selama kehamilan dan apa yang harus dicari. Ada hubungan antara kesehatan anda selama kehamilan dan kesehatan bayi anda, jadi mengunjungi dokter gigi pilihan anda selama kehamilan sangat penting.

Kesehatan Gigi dan Kehamilan- Global Estetik Dental Care
Kesehatan Gigi dan Kehamilan- Global Estetik Dental Care

Selama kehamilan, tingkat perubahan hormon bisa membuat mulut calon ibu menjadi lebih rentan terhadap bakteri dan plak, yang keduanya menciptakan gusi tender selama kehamilan. Hal ini dapat menempatkan ibu pada risiko lebih besar untuk kerusakan gigi dan penyakit gusi. Berikut adalah tips menjaga kebersihan gigi setiap hari yang perlu diingat saat hamil:

  1. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride. Jika gusi membengkak dan lembut karena gingivitis kehamilan, cobalah beralih ke sikat gigi ekstra lembut dan sikat semulus mungkin.
  2. Floss lembut sekali sehari. Gusi yang membengkak dan lembut selama kehamilan adalah normal, tapi temui dokter gigi pilihan anda jika anda khawatir.
  3. Kunjungi dokter gigi pilihan anda secara teratur untuk pembersihan dan pemeriksaan profesional.
  4. Tanyakan kepada dokter gigi pilihan anda tentang obat kumur antimikroba untuk membantu memerangi peningkatan plak.
  5. Jika anda mengalami morning sickness dan muntah, bilas mulut dengan satu sendok teh baking soda yang dicampur dengan air. Ini akan membantu menjaga asam perut agar tidak menyerang gigi dan menyebabkan pembusukan.
  6. Konsumsilah makanan yang kaya kalsium, B12 dan vitamin C untuk menjaga gusi tetap sehat.
Kesehatan Gigi dan Kehamilan- Global Estetik Dental Care
Kesehatan Gigi dan Kehamilan- Global Estetik Dental Care

Makan dengan benar selama kehamilan akan membantu menjaga kesehatan Ibu dan si bayi. Gigi bayi anda mulai berkembang antara bulan ketiga dan keenam dari masa kehamilan, jadi membuat pilihan makanan cerdas saat anda hamil dapat berdampak pada gigi bayi yang sedang tumbuh.

  • Makanlah berbagai makanan sehat, termasuk buah-buahan, sayuran, produk whole grain dan produk susu seperti susu, keju, keju cottage dan yogurt tanpa pemanis.
  • Batasi makanan dengan gula tinggi seperti permen dan biskuit, dan hindari minuman tinggi gula seperti jus buah atau soda
  • Minum banyak air putih, terutama antara makanan dan makanan ringan

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat