Kupas Tuntas Kesehatan Gigi dan Kehamilan – Part 2

dokter gigi jakarta

Global Estetik – Bahkan jika anda hanya berpikir bahwa anda mungkin hamil, segera beri tahu dokter gigi pilihan anda. Katakan pada mereka seberapa jauh anda saat anda membuat janji bertemu. Juga biarkan dokter gigi anda tahu tentang obat yang anda minum atau jika anda telah menerima saran khusus dari dokter. Jika kehamilan beresiko tinggi atau jika anda memiliki kondisi medis tertentu, dokter gigi dan dokter mungkin menyarankan agar beberapa perawatan untuk ditunda.

Meski banyak wanita berhasil mencapai sembilan bulan tanpa ketidaknyamanan pada gigi, kehamilan bisa membuat beberapa kondisi menjadi buruk – atau menciptakan kondisi baru. Pemeriksaan rutin dan kebiasaan kesehatan gigi yang baik dapat membantu menjaga kesehatan anda dan si bayi. Beikut beberapa masalah yang mungkin muncul selama kehamilan.

Kesehatan Gigi dan Kehamilan- Global Estetik Dental Care
Kesehatan Gigi dan Kehamilan- Global Estetik Dental Care

Gingivitis Kehamilan

Mulut anda dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal yang akan anda alami selama kehamilan. Sebagai contoh, beberapa wanita mengembangkan suatu kondisi yang dikenal sebagai “gingivitis kehamilan,” sebuah radang pada gusi yang dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri tekan. Gusi anda juga mungkin berdarah sedikit saat anda menyikat gigi atau floss. Jika tidak diobati, radang gusi dapat menyebabkan penyakit gusi yang lebih serius. Dokter gigi pilihan anda mungkin merekomendasikan pembersihan gigi yang lebih sering untuk mencegah hal ini.

Baca Juga :  [Part 1] Merawat Kawat Gigi dalam Usaha Menuju Kesempurnaan Senyum

Peningkatan Resiko Peluruhan Gigi

Wanita hamil mungkin lebih rentan terhadap rongga karena sejumlah alasan. Jika anda makan lebih banyak karbohidrat dari biasanya, ini bisa menyebabkan pembusukan. Morning sickness dapat meningkatkan jumlah asam yang terkena mulut anda, yang bisa menggerogoti bagian luar gigi yang disebut enamel.

Menyikat gigi dua kali sehari dan flossing sekali juga bisa jatuh di pinggir jalan selama kehamilan karena berbagai alasan, termasuk morning sickness, refleks muntah yang lebih sensitif, gusi lembut dan kelelahan. Akan sangat penting untuk mengikuti rutinitas anda, karena kebiasaan buruk selama kehamilan dikaitkan dengan persalinan prematur, pembatasan pertumbuhan intrauterine, diabetes gestasional dan preeklampsia.

Baca Juga :  Apa Boleh Pasien Pengguna Mahkota atau Bridges Menggunakan Kawat Gigi ?
Kesehatan Gigi dan Kehamilan- Global Estetik Dental Care
Kesehatan Gigi dan Kehamilan- Global Estetik Dental Care

Tumor Kehamilan

Pada beberapa wanita, pertumbuhan jaringan yang berlebihan yang disebut “tumor kehamilan” muncul di gusi, paling sering pada trimester kedua. Bukan kanker melainkan pembengkakan yang terjadi paling sering di antara gigi. Mereka mungkin terkait dengan kelebihan plak. Mereka mudah berdarah dan memiliki penampilan seperti raspberry yang tampak merah dan tampak mentah. Masalah ini biasanya hilang setelah bayi anda lahir, tapi jika anda khawatir, bicarakan dengan dokter gigi pilihan anda tentang cara menghilangkannya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat